MAKALAH ARTI DAN TUJUAN PENDIDIKAN INDONESIA
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN FISIKA
JURUSAN
PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JAMBI
2014
KATA
PENGANTAR
Puji syukur penulis
panjatkan kehadirat Allah SWT, berkat rahmat dan karuniaNyalah Penulis dapat
menyelesaikan makalah ini dengan judul “Arti dan Tujuan Pendidikan Indonesia”.
Makalah ini berisi tentang arti dan tujuan pendidikan di Indonesia.
Pada kesempatan
ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dra. Jufrida, M.Si sebagai Dosen
Pengampu yang telah bersedia memberikan
waktunya, perhatiannya, serta bimbingannya dalam penyelesaian makalah ini. Penulis juga mengucapkan terima kasih
kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan dan dukungannya hingga makalah ini dapat diselesaikan.
Penulis
menyadari makalah ini masih banyak kekurangan,
karena terbatasnya ilmu yang dimiliki, untuk itu kami mengharapkan kritik
dan saran yang bersifat membangun untuk lebih menyempurnakan makalah kami di masa yang akan datang. Akhirnya, Penulis berharap semoga makalah ini dapat memberikan sumbangsih serta manfaat bagi kita semua.
Jambi, 12 September2014
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR............................................................................ i
DAFTAR ISI.......................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang............................................................................ 1
1.2 Rumusan
Masalah........................................................................ 1
1.3 Tujuan
Penulisan.......................................................................... 1
1.4 Manfaat
Penulisan....................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN
2.1
Pengertian Pendidikan di Indonesia............................................. 2
2.2
Tujuan Pendidikan di Indonesia................................................... 3
BAB III PENUTUP
3.1
Kesimpulan................................................................................... 6
3.2
Saran............................................................................................. 6
DAFTAR
PUSTAKA
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Manusia adalah makhluk
yang diciptakan dengan dikaruniai akal dan pikiran. Untuk mengembangkan akal
dan pikiran tersebut maka diperlukan pendidikan yang baik.
Pendidikan merupakan usaha manusia untuk meningkatkan ilmu
pengetahuan yang didapat baik dari lembaga formal maupun informal dalam
membantu proses transformasi sehingga dapat mencapai kualitas yang diharapkan.
Agar kualitas yang diharapkan dapat tercapai, diperlukan penentuan tujuan
pendidikan.
Tujuan pendidikan inilah yang akan menentukan keberhasilan dalam
proses pembentukan pribadi manusia yang berkualitas, dengan tanpa
mengesampingkan peranan unsur-unsur lain dalam pendidikan.
1.2 Rumusan Masalah
1.
Apa yang dimaksud dengan pendidikan ?
2.
Apakah tujuan pendidikan di Indonesia ?
1.3 Tujuan Penulisan
1.
Mendeskripsikan arti pendidikan di Indonesia.
2.
Mendeskripsikan tujuan pendidikan di
Indonesia.
1.4 Manfaat Penulisan
1.
Dapat mengetahui arti pendidikan di Indonesia.
2.
Dapat mengetahui tujuan pendidikan di
Indonesia.
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Pendidikan di Indonesia
2.1.1
Pengertian Pendidikan
·
Pendidikan adalah
pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan
sekelompok orang yang ditransfer dari satu generasi ke generasi berikutnya
melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. (Wikipedia Indonesia)
·
Pendidikan merupakan proses pembudayaan
yakni suatu usaha memberikan nilai-nilai luhur kepada generasi baru dalam
masyarakat yang tidak hanya bersifat pemeliharaan tetapi juga dengan maksud memajukan
serta mengembangkan kebudayaan menuju ke arah keluhuran hidup kemanusiaan. (Ki
Hajar Dewantara)
·
Pendidikan diartikan sebagai proses
pembelajaran bagi individu untuk mencapai pengetahuan dan pemahaman yang lebih
tinggi mengenai obyek-obyek tertentu dan spesifik. (KBBI – 1991)
·
Pendidikan adalah situasi dimana terjadi
dialog antara peserta didik dengan pendidik yang memungkinkan peserta didik
tumbuh ke arah yang dikehendaki oleh pendidik agar selaras dengan nilai- nilai
yang dijunjung tinggi masyarakat. (Satori, 2007 : 1.15)
·
Menurut Undang- Undang RI tahun 2003
(2003 : 2) Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana
belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik dapat secara aktif
mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan,
pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan
yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
Dari pengertian pendidikan menurut beberapa sumber
di atas dapat disimpulkan bahwa pendidikan adalah segala sesuatu yang dilakukan oleh pendidik
terhadap peserta didik dengan tujuan mengembangkan potensi yang ada, membentuk
karakter dan menambah wawasan peserta didik.
2.1.2
Pengertian Pendidikan di Indonesia
Pendidikan di Indonesia
adalah seluruh pendidikan yang diselenggarakan di Indonesia,
baik itu secara terstruktur maupun tidak terstruktur. Secara terstruktur,
pendidikan di Indonesia menjadi tanggung jawab Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud),
dahulu bernama Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia (Depdiknas)
(Wikipedia Indonesia)
2.2 Tujuan Pendidikan di Indonesia
Pendidilan di Indonesia merupakan
pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945, yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional
Indonesia dan tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman. Untuk mewujudkan
cita-cita ini, diperlukan perjuangan seluruh lapisan masyarakat.
Pendidikan merupakan pilar tegaknya
bangsa. Melalui pendidikanlah bangsa akan tegak mampu menjaga martabat. Dalam
UU 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 3, disebutkan “Pendidikan
nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban
bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan
untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap,
kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung
jawab.
Visi dan misi pendidikan nasional
telah menjadi rumusan dan dituangkan pada bagian “penjelasan” atas UU 20/2003
tentang Sistem Pendidikan Nasional. Visi
dan misi pendidikan nasional ini adalah merupakan bagian dari strategi
pembaruan sistem pendidikan.
Pendidikan Indonesia mempunyai visi
terwujudnya sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa
untuk memberdayakan semua warga Negara Indonesia berkembang menjadi manusia
yang berkualitas sehingga mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang
selalu berubah.
Dengan visi pendidikan tersebut,
pendidikan nasional mempunyai misi sebagai berikut:
1. Mengupayakan perluasan dan
pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan yang bermutu bagi seluruh rakyat
Indonesia;
2. Membantu dan memfasilitasi
pengembangan potensi anak bangsa secara utuh sejak usia dini sampai akhir hayat
dalam rangka mewujudkan masyarakat belajar;
3. Meningkatkan kesiapan masukan dan
kualitas proses pendidikan untuk mengoptimalkan pembentukan kepribadian yang
bermoral;
4. Meningkatkan keprofesionalan dan
akuntabilitas lembaga pendidikan sebagai pusat pembudayaan ilmu pengetahuan,
keterampilan, pengalaman, sikap, dan nilai berdasarkan standar nasional dan
global; dan
5. Memberdayakan peran serta masyarakat
dalam penyelenggaraan pendidikan berdasarkan prinsip otonomi dalam konteks
Negara Kesatuan RI.
Dalam pasal 3 UU No. 2
Tahun 1989 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, tertera bahwa pendidikan
nasional berfungsi mengembangkan kemampuan serta meningkatkan mutu kehidupan
dan martabat manusia Indonesia dalam rangka upaya tujuan pendidikan nasional.
Selanjutnya pasal 4
tentang tujuan pendidikan Nasional menggariskan, bahwa pendidikan nasional
bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya,
yaitu manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Maha Esa dan berbudi
pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan
rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab
kemasyarakan dan kebangsaan.
BAB
III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Pendidikan adalah segala sesuatu yang dilakukan oleh pendidik
terhadap peserta didik dengan tujuan mengembangkan potensi yang ada, membentuk
karakter dan menambah wawasan peserta didik.
Pendidikan di Indonesia merupakan pendidikan yang
berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun
1945, yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia dan
tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman. Untuk mewujudkan cita-cita ini,
diperlukan perjuangan seluruh lapisan masyarakat.
3.2 Saran
Dalam Penulisan makalah
ini, penulis mengakui masih banyak kekurangan-kekurangan, oleh sebab itu
penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca untuk kebaikan bagi
penulisan makalah ini kedepannya.
Akhir kata, penulis
berharap makalah ini berguna bagi penulis khususnya dan bagi pembaca pada
umumnya.
DAFTAR
PUSTAKA
Karso, dkk. 1993. Dasar-Dasar
Pendidikan MIPA. Jakarta: Depdikbud.
http://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan
http://belajarpsikologi.com/tujuan-pendidikan-nasional/
http://tunas63.wordpress.com/2008/11/07/visi-misi-dan-tujuan-pendidikan-nasional/
http://mulyadiniarty.wordpress.com/2009/10/21/kumpulan-pengertian-pendidikan-dan-teknologi/
Tidak ada komentar:
Write komentar