MAKALAH PANDANGAN BEHAVIORAL
TERHADAP PEMBELAJARAN, BELAJAR DAN PERKEMBANGAN, PENDIDIKAN DI SEKOLAH
DOSEN PENGAMPU:
Dr.
BUYUNG, S.Pd, M.Pd
- Dr. Drs. H. HENDRA SOFYAN, M.Psi
- Dr. Drs. H. HENDRA SOFYAN, M.Psi
KELOMPOK 5:
ANI RAHAYU NIM.
A1C314030
AYU KARTIKA SARI NIM.
A1C314025
HIDAYATURRAHMAN NIM.
A1C314024
LINTANG ROFIATUS S. NIM. A1C314008
MONALISA NIM.
A1C314003
MUHAMMAD IKHLAS NIM.
A1C314019
NADIYA SEPTIRIANI NIM.
A1C314021
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA
JURUSAN
PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
JAMBI
2016
KATA
PENGANTAR
Puji syukur penulis
panjatkan kehadirat Allah SWT, berkat rahmat dan karuniaNyalah Penulis dapat menyelesaikan
makalah ini dengan judul “Pandangan Behavior terhadap Pembelajaran, Belajar dan
Perkembangannya, dan Pendidikan di Sekolah”.
Pada kesempatan
ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dr. Buyung, S.Pd, M.Pd., dan Dr.
Drs. H. Hendra Sofyan, M.Psi., sebagai Dosen Pengampu yang telah bersedia memberikan waktunya, perhatiannya, serta bimbingannya
dalam penyelesaian makalah ini. Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan
bantuan dan dukungannya hingga makalah ini dapat
diselesaikan.
Penulis
menyadari makalah ini masih banyak kekurangan,
karena terbatasnya ilmu yang dimiliki, untuk itu penulis mengharapkan
kritik dan saran yang bersifat membangun untuk lebih menyempurnakan makalah kami di masa yang akan datang. Akhirnya, Penulis berharap semoga makalah ini dapat memberikan sumbangsih serta manfaat bagi kita semua.
Jambi,
Februari 2016
Penulis
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR ........................................................................................... i
DAFTAR ISI.......................................................................................................... ii
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar
Belakang................................................................................................. 1
1.2. Rumusan
Masalah............................................................................................ 2
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Pandangan Behavioral Terhadap
Pembelajaran............................................... 3
2.1.1 Pengertian Teori Behaviorisme............................................................... 3
2.1.2 Teori Dalam Pandangan Behaviorisme.................................................. 4
2.2 Belajar dan Perkembangan............................................................................. 10
2.2.1
Perkembangan Psiko-Fisik Siswa.......................................................... 10
2.2.2 Hubungan Perkembangan dengan Belajar
Anak................................... 18
2.3 Pendidikan
di Sekolah ................................................................................... 19
2.3.1. Definisi Pendidikan.............................................................................. 19
2.3.2. Dasar dan Tujuan Pendidikan .............................................................. 20
2.3.3
Tujuan Pendidikan................................................................................. 21
2.3.4 Lembaga Pendidikan............................................................................. 23
2.3.5 Tingkat Pendidikan ............................................................................... 23
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan ..................................................................................................... 26
3.2 Saran................................................................................................................ 26
DAFTAR PUSTAKA
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang
Pandangan
behavioristik menekankan bahwa pola - pola perilaku dapat dibentuk melalui
proses pembiasaan dan pengukuhan ( reinforcement ) dengan mengkondisikan
stimulus ( conditioning ) dalam lingkungan ( enviornmentalistik ). Dengan
demikian, perubahan perilaku ( behavior change ) dapat terjadi. Dalam konteks
pandangan behaviorisme, dapat dinyatakan bahwa praktek pendidikan pada
hakikatnya merupakan usaha conditioning ( penciptaan seperangkat stimulus) yang diharapkan pula menghasilkan pola-pola
perilaku (seperangkat response) tertentu. Prestasi belajar ( achievment ) dalam
term-term pengetahuan ( penalaran ), sikap ( penghayatan ), dan keterampilan (
pengamalan ) merupakan indikator-indikator atau manifestasi dari perubahan dan
perkembangan perilaku termaksud.
Pandangan behavioral sangat
berkaitan dengan perkembangan anak. Anak yang berada di kelas awal SD adalah
anak yang berada pada rentangan usia dini. Masa usia dini ini merupakan masa
perkembangan anak yang pendek tetapi merupakan masa yang sangat penting bagi
kehidupannya. Maka pada unit 1 mata kuliah Perkembangan Belajar Peserta Didik
ini kita akan mempelajari Konsep Dasar Perkembangan Belajar Peserta Didik yang
meliputi Pengertian perkembangan belajar peseta didik dan Prinsip-prinsip
perkembanganyang akan membantu pemahaman Anda tentang perkembangan belajar
peserta didik dengan lebih baik.
Selengkapnya Download disini
Tidak ada komentar:
Write komentar