Welcome to "Belajar Asyik" Blog Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Dua nikmat, yang manusia banyak tertipu dengannya : nikmat sehat dan waktu luang" (hadits shahih diriwayatkan oleh Al-Bukhari, At-Tirmidzi, Ibnu Majah, Ahmad dan lainnya)

Kamis, 17 Maret 2016

MAKALAH PANDANGAN BEHAVIORAL TERHADAP PEMBELAJARAN, BELAJAR DAN PERKEMBANGAN, PENDIDIKAN DI SEKOLAH


MAKALAH PANDANGAN BEHAVIORAL TERHADAP PEMBELAJARAN, BELAJAR DAN PERKEMBANGAN, PENDIDIKAN DI SEKOLAH




DOSEN PENGAMPU:
Dr. BUYUNG, S.Pd, M.Pd
- Dr. Drs. H. HENDRA SOFYAN, M.Psi

KELOMPOK 5:

ANI RAHAYU                              NIM. A1C314030
AYU KARTIKA SARI                NIM. A1C314025
HIDAYATURRAHMAN             NIM. A1C314024
LINTANG ROFIATUS S.           NIM. A1C314008
MONALISA                                   NIM. A1C314003
MUHAMMAD IKHLAS              NIM. A1C314019
NADIYA SEPTIRIANI                NIM. A1C314021



PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA
JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JAMBI
2016


KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, berkat rahmat dan karuniaNyalah Penulis dapat menyelesaikan makalah ini dengan judul “Pandangan Behavior terhadap Pembelajaran, Belajar dan Perkembangannya, dan Pendidikan di Sekolah”.
Pada kesempatan ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dr. Buyung, S.Pd, M.Pd., dan Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Psi., sebagai Dosen Pengampu yang telah bersedia memberikan waktunya, perhatiannya, serta bimbingannya dalam penyelesaian makalah ini. Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan dan dukungannya hingga makalah ini dapat diselesaikan.
Penulis menyadari makalah ini masih banyak kekurangan, karena terbatasnya ilmu yang  dimiliki, untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun untuk lebih menyempurnakan makalah kami di masa yang akan datang. Akhirnya, Penulis berharap semoga makalah ini dapat memberikan sumbangsih serta manfaat bagi kita semua.

Jambi,   Februari 2016

Penulis




DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ........................................................................................... i
DAFTAR ISI.......................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang................................................................................................. 1
1.2. Rumusan Masalah............................................................................................ 2
BAB II PEMBAHASAN
2.1    Pandangan Behavioral Terhadap Pembelajaran............................................... 3
2.1.1   Pengertian Teori Behaviorisme............................................................... 3
2.1.2   Teori Dalam Pandangan Behaviorisme.................................................. 4
2.2     Belajar dan Perkembangan............................................................................. 10
2.2.1   Perkembangan Psiko-Fisik Siswa.......................................................... 10
2.2.2   Hubungan Perkembangan dengan Belajar Anak................................... 18
2.3    Pendidikan di Sekolah ................................................................................... 19
2.3.1. Definisi Pendidikan.............................................................................. 19
2.3.2. Dasar dan Tujuan Pendidikan .............................................................. 20
2.3.3 Tujuan Pendidikan................................................................................. 21
2.3.4 Lembaga Pendidikan............................................................................. 23    
2.3.5 Tingkat Pendidikan ............................................................................... 23
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan ..................................................................................................... 26
3.2 Saran................................................................................................................ 26
DAFTAR PUSTAKA



BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Pandangan behavioristik menekankan bahwa pola - pola perilaku dapat dibentuk melalui proses pembiasaan dan pengukuhan ( reinforcement ) dengan mengkondisikan stimulus ( conditioning ) dalam lingkungan ( enviornmentalistik ). Dengan demikian, perubahan perilaku ( behavior change ) dapat terjadi. Dalam konteks pandangan behaviorisme, dapat dinyatakan bahwa praktek pendidikan pada hakikatnya merupakan usaha conditioning ( penciptaan seperangkat stimulus)  yang diharapkan pula menghasilkan pola-pola perilaku (seperangkat response) tertentu. Prestasi belajar ( achievment ) dalam term-term pengetahuan ( penalaran ), sikap ( penghayatan ), dan keterampilan ( pengamalan ) merupakan indikator-indikator atau manifestasi dari perubahan dan perkembangan perilaku termaksud.
Pandangan behavioral sangat berkaitan dengan perkembangan anak. Anak yang berada di kelas awal SD adalah anak yang berada pada rentangan usia dini. Masa usia dini ini merupakan masa perkembangan anak yang pendek tetapi merupakan masa yang sangat penting bagi kehidupannya. Maka pada unit 1 mata kuliah Perkembangan Belajar Peserta Didik ini kita akan mempelajari Konsep Dasar Perkembangan Belajar Peserta Didik yang meliputi Pengertian perkembangan belajar peseta didik dan Prinsip-prinsip perkembanganyang akan membantu pemahaman Anda tentang perkembangan belajar peserta didik dengan lebih baik.

Selengkapnya Download disini

Tidak ada komentar:
Write komentar