MAKALAH KONSEP PENILAIAN AUTENTIK SERTA KONSEP JENIS-JENIS PENILAIAN
AUTENTIK
DOSEN
PENGAMPU:
Dr.
DWI AGUS KURNIAWAN,
M.Pd
KELOMPOK 8:
MONALISA NIM.
A1C314003
INDAH NOFITRI NIM.
A1C314018
MUHAMMAD IKHLAS NIM.
A1C314019
PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN FISIKA
JURUSAN
PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
JAMBI
2016
KATA
PENGANTAR
Puji syukur penulis
panjatkan kehadirat Allah SWT, berkat rahmat dan karuniaNyalah Penulis dapat menyelesaikan
makalah ini dengan judul “Konsep Penilaian Autentik dan Konsep Jenis-Jenis
Penilaian Autentik”.
Pada kesempatan
ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih
kepada Dr. Dwi Agus Kurniawan, M.Pd., sebagai Dosen Pengampu yang telah bersedia memberikan waktunya, perhatiannya, serta bimbingannya
dalam penyelesaian makalah ini. Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan
bantuan dan dukungannya hingga makalah ini dapat diselesaikan.
Penulis
menyadari makalah ini masih
banyak kekurangan, karena terbatasnya ilmu yang dimiliki, untuk itu penulis
mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun untuk lebih
menyempurnakan makalah kami di masa yang
akan datang. Akhirnya, Penulis berharap semoga makalah ini dapat memberikan sumbangsih serta manfaat bagi kita semua.
Jambi, Februari 2016
Penulis
DAFTAR
ISI
Kata
Pengantar.......................................................................................................... i
Daftar
Isi................................................................................................................... ii
BAB
I PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang................................................................................................... 1
1.2 Rumusan Masalah ............................................................................................. 2
1.3 Tujuan................................................................................................................ 2
BAB
II PEMBAHASAN
2.1
Konsep-Konsep
Penilaian Autentik................................................................... 3
2.1.1
Pengertian Penilaian
autentik................................................................... 3
2.1.2
Hakiakat Penilaian Autentik..................................................................... 5
2.1.3 Karakteristik
Penilaian Autentik.............................................................. 9
2.1.4
Tujuan Dan Prinsip Penilaian
Autentik .................................................. 15
2.2
Konsep Jenis-Jenis dan Pelaksanaan Penilaian Autentik.................................. 16
2.2.1 Jenis-Jenis Penilaian Autentik................................................................. 16
2.2.2
Keunggulan
Dan Kelemahan Penilaian Autentik.................................... 27
2.2.3
Manfaat Penilaian Autentik.................................................................... 28
2.2.4
Pengembangan
Penilaian Autentik.......................................................... 30
2.3
Hasil
Diskusi..................................................................................................... 34
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan........................................................................................................ 37
3.2 Saran.................................................................................................................. 39
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
1.4
Latar Belakang
Pemerintah telah
memberlakukan Kurikulum baru mulai tahun ajaran 2013/2014 untuk semua jenjang
pendidikan dasar dan menengah, yang disebut sebagai Kurikulum 2013. Beberapa
alasan yang mendasari perubahan dari kurikulum sebelumnya yaitu KTSP (Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan) menjadi Kurikulum 2013 adalah:
a.
Perubahan proses
pembelajaran (dari siswa diberi tahu menjadi siswa mencari tahu) dan proses
penilaian (dari berbasis output menjadi berbasis proses dan output);
b.
Kecenderungan
banyak negara saat ini yang di dalam kurikulumnya menambah jam pelajaran; dan
c.
Perbandingan
dengan negaranegara lain yang menunjukkan bahwa jam pelajaran di Indonesia
relatif lebih singkat dibanding dengan negara lain.
Dilihat dari strukturnya,
kurikulum 2013 terdiri atas: kompetensi inti, kompetensi dasar, muatan
pembelajaran, mata pelajaran, dan beban belajar. Kompetensi inti merupakan
tingkat kemampuan untuk mencap
ai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap tingkat kelas atau program yang menjadi landasan pengembangan kompetensi dasar. kompetensi inti mencakup: sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang berfungsi sebagai pengintegrasi muatan pembelajaran, mata pelajaran atau program dalam mencapai standar kompetensi lulusan.
ai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap tingkat kelas atau program yang menjadi landasan pengembangan kompetensi dasar. kompetensi inti mencakup: sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang berfungsi sebagai pengintegrasi muatan pembelajaran, mata pelajaran atau program dalam mencapai standar kompetensi lulusan.
SELANJUTNYA DOWNLOAD DISINI
Tidak ada komentar:
Write komentar