Welcome to "Belajar Asyik" Blog Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Dua nikmat, yang manusia banyak tertipu dengannya : nikmat sehat dan waktu luang" (hadits shahih diriwayatkan oleh Al-Bukhari, At-Tirmidzi, Ibnu Majah, Ahmad dan lainnya)

Kamis, 17 Maret 2016

MAKALAH KONSEP PENILAIAN AUTENTIK SERTA KONSEP JENIS-JENIS PENILAIAN AUTENTIK

MAKALAH KONSEP PENILAIAN AUTENTIK SERTA KONSEP JENIS-JENIS PENILAIAN AUTENTIK









DOSEN PENGAMPU:
Dr. DWI AGUS KURNIAWAN, M.Pd




KELOMPOK 8:
MONALISA                                   NIM. A1C314003
INDAH NOFITRI                         NIM. A1C314018
MUHAMMAD IKHLAS              NIM. A1C314019






PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA
JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JAMBI
2016


KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, berkat rahmat dan karuniaNyalah Penulis dapat menyelesaikan makalah ini dengan judul “Konsep Penilaian Autentik dan Konsep Jenis-Jenis Penilaian Autentik”.
Pada kesempatan ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dr. Dwi Agus Kurniawan, M.Pd., sebagai Dosen Pengampu yang telah bersedia memberikan waktunya, perhatiannya, serta bimbingannya dalam penyelesaian makalah ini. Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan dan dukungannya hingga makalah ini dapat diselesaikan.
Penulis menyadari makalah ini masih banyak kekurangan, karena terbatasnya ilmu yang  dimiliki, untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun untuk lebih menyempurnakan makalah kami di masa yang akan datang. Akhirnya, Penulis berharap semoga makalah ini dapat memberikan sumbangsih serta manfaat bagi kita semua.

Jambi,   Februari 2016

Penulis



DAFTAR ISI

Kata Pengantar.......................................................................................................... i
Daftar Isi................................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang................................................................................................... 1
1.2    Rumusan Masalah ............................................................................................. 2          
1.3    Tujuan................................................................................................................ 2
BAB II PEMBAHASAN
2.1    Konsep-Konsep Penilaian Autentik................................................................... 3
2.1.1   Pengertian Penilaian autentik................................................................... 3
2.1.2   Hakiakat Penilaian Autentik..................................................................... 5
2.1.3   Karakteristik Penilaian Autentik.............................................................. 9
2.1.4   Tujuan Dan Prinsip Penilaian Autentik .................................................. 15
2.2    Konsep Jenis-Jenis dan Pelaksanaan Penilaian Autentik.................................. 16
2.2.1   Jenis-Jenis Penilaian Autentik................................................................. 16
2.2.2   Keunggulan Dan Kelemahan Penilaian Autentik.................................... 27
2.2.3    Manfaat Penilaian Autentik.................................................................... 28
2.2.4   Pengembangan Penilaian Autentik.......................................................... 30
2.3    Hasil Diskusi..................................................................................................... 34
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan........................................................................................................ 37
3.2 Saran.................................................................................................................. 39
DAFTAR PUSTAKA




BAB I
PENDAHULUAN

1.4    Latar Belakang
Pemerintah telah memberlakukan Kurikulum baru mulai tahun ajaran 2013/2014 untuk semua jenjang pendidikan dasar dan menengah, yang disebut sebagai Kurikulum 2013. Beberapa alasan yang mendasari perubahan dari kurikulum sebelumnya yaitu KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) menjadi Kurikulum 2013 adalah:
a.         Perubahan proses pembelajaran (dari siswa diberi tahu menjadi siswa mencari tahu) dan proses penilaian (dari berbasis output menjadi berbasis proses dan output);
b.        Kecenderungan banyak negara saat ini yang di dalam kurikulumnya menambah jam pelajaran; dan
c.         Perbandingan dengan negaranegara lain yang menunjukkan bahwa jam pelajaran di Indonesia relatif lebih singkat dibanding dengan negara lain.
Dilihat dari strukturnya, kurikulum 2013 terdiri atas: kompetensi inti, kompetensi dasar, muatan pembelajaran, mata pelajaran, dan beban belajar. Kompetensi inti merupakan tingkat kemampuan untuk mencap
ai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap tingkat kelas atau program yang menjadi landasan pengembangan kompetensi dasar. kompetensi inti mencakup: sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang berfungsi sebagai pengintegrasi muatan pembelajaran, mata pelajaran atau program dalam mencapai standar kompetensi lulusan.


SELANJUTNYA DOWNLOAD DISINI

 

Tidak ada komentar:
Write komentar