Welcome to "Belajar Asyik" Blog Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Dua nikmat, yang manusia banyak tertipu dengannya : nikmat sehat dan waktu luang" (hadits shahih diriwayatkan oleh Al-Bukhari, At-Tirmidzi, Ibnu Majah, Ahmad dan lainnya)

Minggu, 01 Desember 2019

Hal-hal yang harus dipertimbangkan guru sebagai Fasilitator, Kacamata Psikologi Pembelajaran

Hal-hal yang harus dipertimbangkan guru sebagai Fasilitator

source: slideshare
Santrock (2001) menjelaskan terkait hal-hal penting dalam hal mendidik anak dan juga muncul dalam prinsip-prinsip psikologis yang berpusat pada peserta didik (student-centered) oleh American Psychological Association. mereka menjelaskan bahwa setiap fasilitator pembelejaran (biasa dikenal sebagai guru) harus mempertimbangkan bahwa:
  • Pelajar yang sukses adalah pelajar yang aktif, serta pemikir reflektif (reflective thinker) yang membangun atau membentuk pemahaman mereka. Dengan demikian, kita sebagai seorang guru harus bisa membuat siswa kita aktif untuk belajar dan membuat mereka menjadi siswa yang kritis dalam berpikir.
  • Pelajar yang sukses membentuk dan mengembangkan strategi-strategi belajar yang positif dan secara efektif memonitor atau mengawasi pembelajaran mereka. 
  • Pelajar yang sukses merupakan pelajar yang termotivasi untuk belajar. Sudah tentu guru harus bisa memotivasi siswanya untuk belajar.
  • Pelajar yang sukses ialah pelajar yang diarahkan tujuannya, serta mengerti akan tujuan dari belajar tersebut.
  • Pelajar yang sukses memiliki guru yang menyesuaikan cara mengajar mereka dengan kondisi tingkat-tingkat perkembangan dari pelajar tersebut, misalnya kondisi anak SD berbeda dengan anak SMP. 
  • Pelajar yang sukses memiliki guru yang memberikan perhatian kepada perbedaan-perbedaan individu dalam belajar, misalnya gaya belajar setiap anak yang berbeda, kondisi kejiwaan dan lainnya.
  • Pelajar yang sukses memiliki guru yang mengerti konteks-konteks apa saja yang memainkan peran penting dalam pembelajaran.
  • Pelajar yang sukses memiliki guru yang bisa mengatur tantangan yang sesuai standar dan mengetahui secara efektif menilai pembelajaran, yang merupakan sebagai dimensi terintegrasi dalam proses pembelajaran.   
 

1 komentar:
Write komentar