Contoh RPP Fisika K13 Gerak Melingkar
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : X
/ Ganjil
Materi Pokok : Gerak Melingkar
Alokasi Waktu : 1 JP (45
Menit)
A.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
KD 3.6.
Menganalisis besaran fisis pada gerak melingkar dengan laju konstan (tetap)
dan penerapannya dalam kehidupan sehari
|
3.6.1.
Menyebutkan
minimal lima besaran pada gerak melingkar (frekuensi, periode, sudut tempuh,
kecepatan linier, kecepatan sudut, dan percepatan sentripetal).
3.6.2.
Mendefinisikan
besaran sudut yang terdapat pada gerak melingkar dengan laju konstan.
3.6.3.
Mendefinisikan
besaran kecepatan sudut tempuh yang terdapat pada gerak melingkar dengan laju konstan.
3.6.4.
Menentukan
arah vector kecepatan sudut dan kecepatan livier yang terdapat pada gerak
melingkar dengan laju konstan.
3.6.5.
Mendefinisikan
besaran frekuensi dan periode yang terdapat pada gerak melingkar dengan laju konstan.
3.6.6.
Menentukan
hubungan antara kecepatan sudut dan kecepatan linier yang terdapat pada gerak melingkar
dengan laju konstan.
3.6.7.
Menentukan
hubungan kecepatan sudut dan kecepatan linier pada gerak benda menggelinding
dengan laju konstan
3.6.8.
Menghitung
besar kecepatan sudut dan kecepatan linier dari gerak melingkar beraturan
yang telah diketahui periode dan jari-jarinya.
3.6.9.
Menghitung
besar jarak tempuh sebuah benda melingkar yang di gelindingkan dan diketahui
periode dan jari-jarinya
3.6.10. Menganalisis
sistem gerak melingkar beraturan pada hubungan roda-roda
|
KD 4.6
Melakukan percobaan berikut presentasi hasilnya tentang gerak melingkar,
makna fisis dan pemanfaatannya
|
4.6.1.
Melakukan
percobaan secara berkelompok untuk menyelidiki gerak yang menggunakan hubungan roda-roda
4.6.2.
menyajikan hasil percobaan gerak melingkar tentang
hubungan roda-roda
|
B.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik
diharapkan:
·
Dapat
menyebutkan minimal lima besaran-besaran pada gerak melingkar (frekuensi,
periode, sudut tempuh, kecepatan linier, kecepatan sudut, dan percepatan sentripetal).
·
Dapat
mendefinisikan besaran frekuensi, frekuensi sudut, periode, dan sudut tempuh
yang terdapat pada gerak melingkar dengan laju
konstan
·
Dapat mendefenisikan besaran percepatan sentripetal.
·
Dapat
menghitung besar kecepatan sudut, kecepatan linier, posisi sudut pada gerak
melingkar dengan laju konstan.
ilusrasi gerak melingkar (google) |
C.
Materi
Pembelajaran
Gerak melingkar
mempelajari tentang periode, frekuensi sudut tempuh, kecepatan sudut, dan
percepatan sentripetal, hubungan gerak melingkar dengan gerak lurus. Materi
gerak melingkar selengkapnya terlampir pada lampiran 1.
D.
Metode
Pembelajaran
Model
Pembelajaran : Problem Based Learning
Pendekatan :
Pendekatan ilmiah (scientific approach)
Metode : Tanya jawab,
wawancara, diskusi, ceramah,
penugasan
E.
Media
Pembelajaran
Media :
·
Lembar
diskusi siswa
·
Lembar
penilaian
·
Powerpoint
·
Animasi
Alat/Bahan :
·
Penggaris,
spidol, papan tulis, laptop, proyektor
F.
Sumber
Belajar
·
Marthen Kanginan. Fisika
untuk SMA/MA Kelas X.
·
Buku
refensi yang relevan,
·
Lingkungan
setempat
·
Internet
G. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Ø
Pertemuan 2
(1
JP x 45 menit)
Tahap
Pembelajaran
|
Fase Problem
Based Learning
|
Aktifitas Guru
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi:
·
Guru mengucapkan salam.
·
Guru meminta ketua
kelas untuk menyiapkan kelas dan memimpian doa.
·
Guru memeriksa
kehadiran siswa
Apersepsi
·
Guru mengaitkan materi
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman belajar siswa dengan cara
mengingatkan kembali atau dengan bertanya, misalnya
1. coba perhatikan jam dinding, bagaimanakah pergerakan
jarum jam tersebut?
2. apa gerak melingkar itu?
Motivasi
·
Berdasarkan
penanyangan gambar melalui media powerpoint, guru
menyampaikan bahwa dalam kehidupan sehari hari banyak ditemui contoh dari gerak melingkar beraturan.
·
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran.
Pemberian Acuan
·
Guru menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah langkah pembelajaran
(siswa dibagi menjadi 8 kelompok)
|
7 menit
|
|
Inti
|
Fase
1 :
Orientasi
siswa kepada masalah.
Fase
2 :
Mengorganisasikan
siswa untuk belajar
Fase
3 :
Membimbing
penyelidikan individual maupun kelompok
Fase
4 :
Mengembangkan
dan menyajikan hasil karya
|
Mengamati
Guru
memperlihatkan animasi
pergerakan bumi dan bulan kepada siswa lalu
bertanya :
·
Apa yang kalian amati
dari animasi
tersebut?
·
bagaimana
bentuk lintasan bumi, bulan tersebut?
Menanya
Guru menjelaskan sekilas tentang materi pembelajaran
mengenai frekuensi, periode, hubungan kecepatan linier dan kecepatan sudut
dan percepatan sentripetal.
Guru
mempersilahkan siswa untuk mengajukan pertanyaan
Guru
memberikan LDS kepada siswa
Mengumpulkan data
Siswa
mengumpulkan informasi dari berbagai sumber yang relevan dengan materi gerak melingkar beraturan
Mengasosiasi
Berdasarkan
data yang dikumpulkan, siswa mendiskusikan mengenai materi gerak melingkar beraturan dan latihan soal
yang ada pada LDS.
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan
hasil diskusi dan soal
latihan
1.
Salah satu anggota
kelompok mengerjakan soal
latihan di depan kelas.
2.
Anggota kelompok lain
diminta memberikan pendapat atau tanggapan.
3.
Masing masing siswa
didorong untuk bertanya, dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk
menjawabnya.
4.
Peserta didik diarahkan
untuk menyimpulkan tentang poin poin penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
|
30 menit
|
Penutup
|
Fase
5 :
Menganalisa
dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
1.
Guru memberikan
pemantapan/penekanan materi
2.
Guru
memberikan tugas.
3.
Guru
meminta ketua kelas memimpin doa.
|
8
menit
|
H. Penilaian
Teknik dan bentuk instrumen penilaian :
No
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
1.
|
Pengamatan Sikap
|
Jurnal / Catatan
Guru
|
2.
|
Tes Tertulis
|
Uraian
|
3.
|
Tes Kinerja
|
Lembar
Pengamatan
|
a. Penilaian sikap
Jurnal Harian
Sekolah :
SMAN 1 Kota Jambi
Mata pelajaran :
Fisika
Kelas/semester :
X/1
Hari/tanggal :
No.
|
Nama siswa
|
Kejadian/Peristiwa
|
KET
|
Catatan Guru:
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
b. Penilaian pengetahuan
1.
Sebutkan minimal lima
besaran-besaran pada gerak melingkar yang anda
ketahui?
Jawab
: Periode, frekuensi, kecepatan sudut, kecepatan linier, percepatan, percepatan
sentripetal, percepatan tangensial, gaya sentripetal, gaya sentry fugal, energy
kinetic rotasi
2.
Apakah definisi dari
periode pada gerak melingkar?
Jawab
: Periode (T) adalah waktu yang digunakan untuk berputar satu putaran, T= t/n
satuanya sekon atau detik
3.
Apakah definisi dari
frekuensi pada gerak melingkar?
Jawab
: frekuensi (f) adalah banyaknya putaran dalam satu detik
f = n
/t f = 1/T satuanya Herz (Hz)
4.
Sebuah kipas berputar
sebanyak 120 kali dalam satu menitnya berapakah periode dan frekuensi kipas tersebut?
Jawab : diketahui
n = 120 t = 1 menit = 60 detik
Periode T = t / n
= 60 / 120 = 0,5 detik
frekuensi f = n /t f
= 1/T = 120 / 60 = 2 Hz
5.
Apakah definisi dari
kecpatan sudut yang terdapat pada gerak melingkar dengan laju konstan.
Jawab : Kecepatan sudut (ω) adalah sudut yang di tempuh per satuan
waktu,
ω
= θ/t
= 2π/ T = 2πf satuanya radian /
detik (Rad/s)
6.
Gambarlah arah vector
kecepatan sudut dan kecepatan livier yang terdapat pada gerak melingkar dengan
laju konstan.
Jawab : arah
vector Kecepatan sudut (ω) dan kecepatan linier (v) saling tegak lurus
v
7.
Tentukan hubungan antara
kecepatan sudut dan kecepatan livier yang terdapat pada gerak melingkar dengan
laju konstan.
Jawab : v = S / t = R θ/t = R 2π/T
= R 2πf = R ω
8.
Sebuah roda jari-jari 40
cm menggelinding dengan periode 0,5 detik berapakah kecepatan sudut roda tersebut?
Jawab : diketahui
R = 40 cm = 0,4 m T = 0,5 s ditanya ω?
Jawab ω = 2π/T = 2π / 0,5 = 4π rad/s = 4 . 3,14 rad/s = 12,56 rad/s
9.
Sebuah roda jari-jari 40
cm menggelinding dengan periode 0,5 detik berapakah kecepatan linier roda tersebut?
Jawab : diketahui R = 40
cm = 0,4 m T = 0,5 s
ditanya v ?
Jawab
v = R ω =R 2π/T = 0,4 2π / 0,5 = 1,6 4π = 1,6 . 3,14 = 5,024 m/s
10. Roda
sepeda yang diameternya 50 cm berputar sebanyak 6 putaran setiap menitnya
berapakah jarak yang ditempuh roda tersebut selama 10 menit?
diketahui d = 50
cm R = 25 cm = 0,25 m
f = 6 put/menit = 6 put
/60 s = 0,1 Hz t = 10 menit = 600 s
ditanya S ?
Jawab :
S
= v t = R ω t = R 2πf t = = 0,25
2π 0,1 = 0,05 π = 0,05 . 3,14 S =0,1570 m
c. Penilaian Psiskomotorik
Mata pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : X/Ganjil
Materi : Gerak Melingkar
No
|
Nama
|
Mempresentasikan Hasil Diskusi
|
Skor
|
Nilai
|
Rubrik:
Kriteria
|
Skor
|
-
Dapat
Mempresentasikan hasil pemecahan masalah (Diskusi mengerjakan soal),
menggunakan bahasa yang mudah dipahami, data yang disampaikan tepat
-
Dapat mempresentasikan
hasil pemecahan masalah (diskusi mengerjakan soal), menggunakan bahasa yang
mudah dipahami
-
Tidak ada 1 poin
dari kriteria pertama
-
Tidak ada 2 poin
dari kriteria kedua
|
-
4
-
3
-
2
-
1
|
Ø Petunjuk penskoran:
Ø Sesuai Permendikbud No. 81 A Tahun 2013, peserta didik memperoleh
nilai adalah sebagai berikut:
Sangat Baik : apabila memperoleh skor: 3,33
< skor ≤ 4,00
Baik : apabila memperoleh skor: 2,33
< skor ≤ 3,33
Cukup : apabila
memperoleh skor: 1,33 < skor ≤ 2,33
Kurang : apabila
memperoleh skor: skor ≤ 1,33
........., November 2017
Guru Mata Pelajaran
........................
Kepala SMAN
.......................
Tidak ada komentar:
Write komentar