Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Fisika Kurikulum 13 (K13)
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
:
Mata
Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester
: X
/ Ganjil
Materi
Pokok : Gerak lurus
Alokasi
Waktu : 2 Pertemuan (2 Minggu x 3 Jam
Pelajaran @45 Menit)
Pertemuan Pertama 3 JP
A.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Siswa Mampu:
KD
3.4. Menganalisis besaran-besaran fisis pada gerak lurus dengan kecepatan
konstan (tetap) dan gerak lurus dengan percepatan konstan (tetap) berikut
dengan penerapannya dalam kehidupan sehari, misalnya keselamatan lalu lintas.
|
1. Menjelaskan
konsep dasar gerak
2. Membedakan
antara jarak dengan perpindahan
3. Membedakan
antara kecepatan sesaat dengan kecepatan dengan kecepatan rata-rata dan
percepatan sesaat dengan percepatan rata-rata
4. Membedakan
gerak lurus dengan percepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan
konstan
5. Menganalisis
besaran-besaran fisika pada gerak lurus beraturan
6. Menganalisis
besaran-besaran fisika pada gerak lurus berubah beraturan
7. Menganalisis
besaran-besaran fisika pada gerak jatuh bebas
8. Menganalisis
besaran-besaran fisika pada gerak vertikal ke atas
9.
Menghitung besarnya jarak, kecepatan,
dan percepatan pada gerak suatu benda
|
KD
4.4. Menyajikan data dan grafik hasil percobaan gerak benda untuk menyelidiki
karakteristik gerak lurus dengan kecepatan konstan (tetap) dan gerak lurus
dengan percepatan konstan (tetap) berikut makna fisisnya.
|
1. Melakukan demonstrasi percobaan GLB dan GLBB
2. Mendeskripsikan grafik GLB dan GLBB
3. Menyajikan grafik GLB dan GLBB
|
B.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·
Mengamati dengan
seksama demonstrasi gerak untuk membedakan gerak lurus dengan kecepatan tetap
dan gerak lurus dengan percepatan tetap
·
Membedakan gerak
lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan
·
Mendiskusikan
perbedaan gerak lurus dengan kecepatan tetap dan gerak lurus dengan percepatan
tetap
Kereta api sebagai contoh GL |
·
Menganalisis
besaran-besaran fisika pada gerak dengan kecepatan konstan.
·
Menganalisis
besaran-besaran fisika pada gerak dengan percepatan konstan
·
Menganalisis
besaran-besaran dalam GLBB dan gerak jatuh bebas dalam diskusi kelas
C.
Materi
Pembelajaran
Gerak lurus:
· Besaran-Besaran pada Gerak Lurus
· Gerak
lurus Beraturan (GLB)
· Gerak
lurus Berubah Beraturan
D.
Metode
Pembelajaran
Model
Pembelajaran : Discovery Learning
Pendekatan :
Pendekatan ilmiah (scientific approach)
Metode : Tanya jawab,
wawancara, diskusi, ceramah
E.
Media
Pembelajaran
Media :
·
Lembar diskusi
siswa
·
Lembar penilaian
Alat/Bahan :
·
Penggaris, spidol,
papan tulis
F.
Sumber
Belajar
·
Marthen Kanginan. Fisika untuk SMA/MA
Kelas X.
·
Buku refensi yang
relevan,
·
Lingkungan
setempat
G. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Ø
Pertemuan I (3 JP x 45 menit)
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
a. Memberi salam dan berdoa sebelum pembelajaran
dimulai.
b. Mengebsen siswa
c.
Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa
“bagaimana
benda bergerak ?”
“Apakah hubungan benda yang berpindah dan
benda yang bergerak ?”
d.
Apersepsi:
Menurut
Anda, samakah pengertian perpindahan dan jarak?Dapatkah Anda memberi contoh
perpindahan dan jarak?
Cobalah Anda buat peta dari rumah ke sekolah,
dengan titik acuan adalah rumah Anda, kemudian hitung berapa jarak dan
perpindahannya.
e.
Menyampaikan
inti tujuan pembelajaran hari ini tentang besaran-besaran gerak
lurus dan gerak lurus beraturan
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
a. Mengamati
Guru meminta dua orang peserta
didik maju ke depan kelas, dengan ketentuan: peserta didik pertama diminta
maju beberapa langkah ke arah pintu, sedangkan peserta didik kedua diminta
menandai tempat anak pertama mulai berjalan dan tempat berhenti, mengukur panjang
lintasan yang telah dilalui anak pertama.
b.
Menanya
Guru membuka kesempatan kepada
peserta didik untuk mengamati dan bertanya mengenai demonstrasi yang telah
dilakukan.
c.
Pengumpulan
Data
1) Siswa di bagi dalam kelompok kecil,
masing-masing terdiri atas 4 orang
2) Setiap siswa
diberikan Lembar diskusi siswa
3) Setiap siswa
diberikan kesempatan mengumpulkan materi tentang besaran-besaran pada gerak
lurus serta materi gerak lurus beraturan dari sumber-sumber yang relevan
4) Setiap siswa
memperhatikan penjelasan dari guru terkait materi besaran-besaran pada gerak
lurus serta materi gerak lurus beraturan
d.
Mengasosiasi
1) Setiap siswa mengisi
lembar diskusi yang diberikan terkait materi tentang besaran-besaran pada
gerak lurus serta materi gerak lurus beraturan
2) Setiap siswa
diberikan kesempatan mengerjakan latihan soal yang ada di LDS
e.
Mengkomunikasikan
1)
Memaparkan pengertian beberapa besaran-besaran pada
gerak lurus seperti perpindahan, jarak, kecepatan, kelajuan serta pengertian
dari gerak lurus beraturan.
2)
Salah satu siswa mengerjakan latihan soal yang ada
di LDS.
|
115 menit
|
Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan:
a. Bersama siswa mereview
materi dan menarik kesimpulan tentang besaran-besaran
pada gerak lurus gerak
lurus beraturan
b.
Guru
memberikan soal latihan tentang besaran-besaran pada gerak lurus, dan soal
latihan gerak lurus beraturan.
c.
menemukan
nilai-nilai rasa ingin tahu yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
d.
Guru dan
peserta didik menyimpulkan tentang materi yang telah dipelajari
e.
Mengakhiri
pembelajaran dengan salam dan doa
|
10
menit
|
H. Penilaian
Teknik dan bentuk instrumen penilaian :
No
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
1.
|
Pengamatan Sikap
|
Jurnal / Catatan Guru
|
2.
|
Tes Tertulis
|
Uraian
|
3.
|
Tes Kinerja
|
Lembar Pengamatan
|
a. Penilaian sikap
Jurnal Harian
Sekolah : SMAN 1 Kota Jambi
Mata pelajaran : Fisika
Kelas/semester : X/1
Hari/tanggal :
No.
|
Nama siswa
|
Kejadian/Peristiwa
|
KET
|
Catatan Guru:
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
b. Penilaian pengetahuan
1. Dalam PON yang diselenggarakan Di Palembang Seorang atlit berlari
menempuh jarak 400 m dalam waktu 70 sekon, berapa kelajuan rata-ratanya.
2. Becak bergerak pada jalan lurus dan kedudukannya dapat
dinyatakan , x dalam meter dan t dalam sekon. Berapa kecepatan rata-rata
becak antara t = 1 s dan t = 3 t
3.
Jika C sebagai titik acuan berapa jarak dan
perpindahan
a)
Dari
A ke D
b)
Dari
E ke B
c)
Dari
B ke D
d)
Dari
A ke F
4. V
(m/s)
10
A
B
0 6 t (sekon)
Dari grafik hubungan kecepatan dan waktu. Tentukan Jarak yang ditempuh dari A menuju B ?
5. Valentino rossi dengan mengendarai motornya bergerak lurus
beraturan dan memerlukan waktu 5 sekon untuk menempuh jarak 1,1 km. Berapa
kecepatan motor yang dikendarainya?
6.
Sebuah
motor bergerak dengan kecepatan awal 20
Km /jam setelah bergerak selama 1,5 jam
motor berhenti berapakah perlambatannya?
- Sebuah kelereng yang menggelinding pada suatu bidang miring dengan percepatan tetap 3 m/s jika kecepatan kelereng sebelum menggelinding adalah 2 m/s berapa kecepatannya setelah 5 s?
Kunci Jawaban :
1.
=
400 / 70 = 5,71m/s (skor
2)
2. Strategi: hitung kedudukan becak pada t = 1 s dan t
= 3 s, kemudian hitung kecepatan rata-ratanya.
Persamaan kedudukan
t = 1 s, x = 3. 12
+ 1 – 4 = 0 m
t = 3 s, x = 3. 32
+ 3 – 4 = 26 m
kecepatan rerata
(skor
3)
3.
a. jarak = 20, perpindahan = 20 (skor 2)
b. jarak = 23, perpindahan =
-23(skor 2)
c. jarak = 16, perpindahan =
16(skor 2)
d. jarak = 27, perpindahan =
27(skor 2)
4.
D1 V = 10
m/s D2 S =….? D3 S = V . t= 10 . 6 = 60 meter (skor 2)
t = 6
sekon
5.
Strategi:
karena gerak lurus beraturan maka gunakan
∆s = 1,1 km = 1100 m
v = ∆s / t → v = 1100 / 5 = 220 m/s (skor 3)
6.
Strategi:
ini merupakan GLBB sehigga yang digunakan Persamaan
t =
1,5 jam, vo = 20 Km /jam
0 = 20 + a . 1,5 maka a
= - 20 / 1,5 = 13,33 Km / jam2. (skor 3)
7.
17 m/s2
(skor 2)
c. Penilaian Psiskomotorik
Mata pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : X/Ganjil
Materi : Gerak Lurus
Topik : Gerak Lurus Beraturan
No
|
Nama
|
Mempresentasikan Hasil Diskusi
|
Skor
|
Nilai
|
Rubrik:
Kriteria
|
Skor
|
-
Dapat
Mempresentasikan hasil pemecahan masalah (Diskusi mengerjakan soal),
menggunakan bahasa yang mudah dipahami, data yang disampaikan tepat
-
Dapat
mempresentasikan hasil pemecahan masalah (diskusi mengerjakan soal),
menggunakan bahasa yang mudah dipahami
-
Tidak ada 1 poin
dari kriteria pertama
-
Tidak
ada 2 poin dari kriteria kedua
|
-
4
-
3
-
2
-
1
|
Jambi, November 2017
Guru Mata
Pelajaran
Kepala SMAN
(.........................)
Tidak ada komentar:
Write komentar