Welcome to "Belajar Asyik" Blog Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Dua nikmat, yang manusia banyak tertipu dengannya : nikmat sehat dan waktu luang" (hadits shahih diriwayatkan oleh Al-Bukhari, At-Tirmidzi, Ibnu Majah, Ahmad dan lainnya)

Senin, 10 Oktober 2016

Contoh Essay - Sikap untuk meningkatkan SDM Indonesia agar sejajar dengan negara maju

Sikap untuk meningkatkan SDM Indonesia agar sejajar dengan negara maju

Indonesia, Siapa yang tak kenal dengan Indonesia? Negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki kurang lebih tiga belas ribuan pulau, memiliki populasi lebih dari dua ratus lima puluh juta jiwa, memiliki beragam seni  dan budaya,  bahkan merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam. Apa yang kurang dari Indonesia? Mengapa  Indonesia terlihat kurang maju dari negara lainnya? Karena Indonesia kurang akan sumber daya manusia, kurang orang yang mengelolah kekayaan Indonesia itu sendiri, padahal Indonesia merupakan negara terbesar keempat dunia. Terus bagaimana sikap kita untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia yang ada di Indonesia?

Menurut saya bangsa Indonesia saat ini kekurangan rasa nasionalisme, kurang rasa percaya dan bangga  terhadap bangsa sendiri, apatis terhadap bangsa, bahkan ada orang yang lebih cinta kepada bangsa lain dibandingkan bangsa Indonesia itu sendiri. Sikap untuk meningkatkan SDM Indonesia agar sejajar dengan negara maju, ialah pertama menumbuhkan rasa nasionalisme pada diri kita.  Tanamkan pada diri kita rasa cinta tanah air yang tinggi, katakan kepada diri kita bahwa kita bangga menjadi bangsa Indonesia. Setelah tertanamkan pikiran seperti itu pada diri kita maka kita akan peduli terhadap bangsa kita sendiri, akan muncul pada diri kita rasa senang menggunakan produk-produk Indonesia, dan pasti lebih  membanggakan Indonesia dari bangsa lainnya. Bangga di sini bukan berarti sombong melain sikap percaya kita terhadap bangsa kita sendiri.

Kedua, kita harus berpendidikan. Berpendidikan di sini maksudnya ialah berpendidikan secara keseluruhan mulai dari kognitif, psikomotor sampai pada asfek afektifnya. Tanamkan pada pikiran kita bahwa Indonesia adalah negara yang kaya, dan kita harus mengelolah kekayaan kita sendiri, jika tidak kita kelola dengan baik maka  kekayaan itu akan sia-sia. Tanamkan juga pada pikiran kita bahwa banyak bangsa lain yang iri pada bangsa kita, yang ingin mengambil kekayaan alam kita. Untuk bisa mengelolah kekayaan itu dengan baik tentu kita butuh akan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kita di tuntut untuk meningkatkan kemampuan kita, tentu dengan adanya pendidikan. Tanamkan pada diri kita bahwa kita harus menjadi seorang yang berpendidikan agar nantinya dengan ilmu pengetahuan dan teknologi yang kita kuasai kita bisa memanfaat, dan mengelolah sendiri kekayaan sumber daya alam yang ada.
Setelah adanya sikap nasionalisme dan berpendidikan pada diri kita, pastilah akan muncul sikap-sikap lainnya, seperti jujur, optimis, disiplin, dan lain-lain, yang pasti akan ada rasa pada diri kita untuk terus berkarya dan memajukan bangsa Indonesia. Di mana pun kita berada, di Indonesia itu sendiri mau pun di luar negeri sekali pun pasti di hati kita akan selalu ada nama Indonesia.  Dengan adanya sikap-sikap tersebut, saya yakin Indonesia bisa sejajar dengan negara maju, bahkan kita bisa lebih maju dari negara maju tersebut.

1 komentar:
Write komentar
  1. Setelah adanya sikap nasionalisme dan berpendidikan pada diri kita, pastilah akan muncul sikap-sikap lainnya, seperti jujur, optimis, disiplin, dan lain-lain, yang pasti akan ada rasa pada diri kita untuk terus berkarya dan memajukan bangsa Indonesia? Tel U

    BalasHapus