Welcome to "Belajar Asyik" Blog Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Dua nikmat, yang manusia banyak tertipu dengannya : nikmat sehat dan waktu luang" (hadits shahih diriwayatkan oleh Al-Bukhari, At-Tirmidzi, Ibnu Majah, Ahmad dan lainnya)

Senin, 11 Mei 2020

Ciri-ciri belajar

Ilustrasi Belajar, Source: Google
Dapat ketahui bahwasannya, belajar merupakan proses manusia untuk mencapai berbagai macam kompetensi, keterampilan, dan sikap. Usaha untuk mencapai kepandaian atau ilmu merupakan usaha manusia untuk memenuhi kebutuhannya, mendapatkan ilmu atau kepandaian yang belum dipunyai sebelumnya. Sehingga dengan belajar manusia menjadi tahu, memahami, mengerti, dapat melaksanakan dan memiliki tentang sesuatu. Dalam keseluruhan proses pendidikan di sekolah kegiatan belajar mengajar merupakan kegiatan paling pokok. Hal ini berarti bahwa keberhasilan atau tidaknya pencapaian tujuan pendidikan bergantung pada proses belajar yang dilakukan siswa sebagai anak didik.
Dalam belajar terdapat beberapa ciri-ciri belajar.  Ciri-ciri belajar menurut Djamarah (2002)sebagai berikut :
  1. Perubahan yang terjadi secara sadar
    Individu yang belajar akan menyadari terjadinya perubahan atau sekurang-kurangnya individu merasakan telah terjadi adanya suatu perubahan dalam dirinya. 

  2. Perubahan dalam belajar bersifat fungsional
    Sebagai hasil belajar perubahan yang terjadi dalam diri indiviu berlangsung terus-menerus dan tidak statis. Suatu perubahan yang terjadi akan menyebabkan perubahan berikutnya dan akan berguna bagi kehidupan atau proses belajar berikutnya. 

  3. Perubahan dalam belajar bersifat
    positifdan aktif, Dalam perbuatan belajar perubahan selalu bertambah dan tertuju memperoleh suatu yang lebih baik dari sebelumnya. Makin banyak usah belajar dilakukan, makin banyak dan makin baik perubahan yang diperoleh. 

  4. Perubahan dalambelajar bukan bersifat sementara
    Perubahan bersifat sementara yang terjadi hanya untuk beberapa saat saja seperti berkeringat, keluar airmata, menangis dan sebagainya. Perubahan terjadi karena proses belajar bersifat menetap atau permanen. 

  5. Perubahan mencakup seluruhaspek tingkah laku
    Perubahan yang diperoleh individusetelah melalui suatu proses belajar meliputi perubahan keseluruhan tingkah laku jika seseorang belajar sesuatu sebagai hasil ia akan mengalami perubahan tingkah laku secara menyeluruh dalam sikap kebiasaan, keterampilam, pengetahuan.

Tidak ada komentar:
Write komentar