Welcome to "Belajar Asyik" Blog Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Dua nikmat, yang manusia banyak tertipu dengannya : nikmat sehat dan waktu luang" (hadits shahih diriwayatkan oleh Al-Bukhari, At-Tirmidzi, Ibnu Majah, Ahmad dan lainnya)

Rabu, 27 Mei 2020

Makalah Penelitian Narasi dan Etnografi

Makalah Penelitian Narasi dan Etnografi

BAB I
PENDAHLUAN

1.1 Latar belakang
Ilustrasi (source: google)
Dibenak kita masalah merupakan yang hal yang mengganggu. Setiap orang pasti memiliki suatu masalah. Masalah tersebut bisa berupa masalah pribadi, masalah dengan teman, guru, rekan kerja, bos, atau yang lainnya. Memang, suatu masalah akan selalu menjadi masalah jika kita tidak pernah berusaha untuk menyelesaikannya. Namun, masalah merupakan hal yang penting, karena dengan adanya masalah akan membuat Anda menjadi semakin tangguh dan akan memunculkan ide-ide baru yang bermanfaat bagi orang lain. Misalnya, seseorang yaitu si A yang menceritakan masalah yang alaminya saat itu kepada sahabatnya si B. Si A tadi akan menerangkan jalan cerita berupa masalah yang sedang dia alami. Cerita Si A ini merupakan penjelasan yang dapat kita laporkan.  Laporan tersebut berupa deskripsi masalah yang diceritakan oleh si A. Deskripsi ini disebut dengan narasi yang dapat digunakan dalam penelitian naratif. Namun, semua deskripsi masalah yang diceritakan si A tidak semuanya penting dan justru akan menimbulkan masalah baru. Si B tidak boleh langsung menjawab masalah si A apabila memihak (misalnya). Si B harus mengetahui bagaimana mendapatkan sumber data yang baik serta rancangannya. Dalam menyusun rancangan penelitian narasi si B perlu mengetahui metode apa yang ia gunakan.
Selain penelitian menggunakan rancangan narasi, salah satu rancangan penelitian kualitatif yang sering digunakan yaitu rancangan penelitian etnografi. Penelitian etnografi merupakan penelitian kualitatif yang peneliti langsung terjun kelapangan untuk mengobservasi misalnya kebudayaan di suatu kelompok masyarakat. Untuk menjelaskan rancangan penelitian ini perlu adanya literatur yang mendukung. Sehingga, makalah ini disusun untuk membantu pembaca dalam membuat suatu rancangan penelitian kualitatif menggunakan etnografi dan narasi.
Rumusan masalah
1. Apakah penelitian narasi dan etnografi itu?
2. Bagaimana cara menyusun rancangan penelitian narasi dan penelitian etnografi?
Tujuan
1. Menjelaskan pengertian penelitian narasi dan penelitian etnografi.
2. menjelaskan cara menyusun rancangan penelitian narasi dan penelitian etnografi.
Penelitian Etnografi
Istilah Etnografi secara harfiah berarti “menulis tentang kelompok orang”. Dengan menggunakan rancangan kualitatif ini dapat diidentifikasi sekelompok orang mempelajari mereka di rumah atau tempat kerjanya; mencatat bagaimana mereka berperilaku, berpikir, dan berbicara; dan mengembangkan gambaran umum tentang kelompok itu (Creswell, 2015).
Pengertian Penelitian Etnografi
Etnografi adalah studi tentang interaksi sosial, perilaku, dan persepsi yang terjadi dalam kelompok, tim, organisasi, dan masyarakat (Reeves, Kuper, & Hodges, 2008).  Fitur utama etnografi adalah bahwa itu adalah bersifat padat karya dan selalu melibatkan kontak langsung lama dengan anggota kelompok dalam upaya untuk mencari pembulatan, penjelasan menyeluruh.(Lee, Saunders, & Goulding, 2005)
Contoh rancangan penelitian menggunakan rancangan etnografi yaitu penelitian yang dilakukan Inayah dan Hakini mengenai pengetahuan ibu hamil mengenai kehamilan dan persalinan di Kota Banjarmasin. Metode Penelitian: Jenis penelitian kualitatif dengan rancangan etnografi. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling.  (Inayah & Hakimi, 2007). Penelitian oleh Putro mengenai Pembelajaran Industri Berbasis ISO 9001: 2008 di SMK Muhammadiyah 2 Andong Boyolali. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan rancangan etnografi. Data dikumpulkan dari instrumen dan narasumber melalui observasi, dokumentasi dan wawancara (Putro, 2011).
Fungsi dan manfaat etnografi
Hal ini penting bagi peneliti mempertimbangkan menggunakan etnografi untuk memahami berbagai jenis investigasi yang berpotensi membentuk kerangka kerja untuk analisis. Etnografi dapat berupa deskripsi lengkap atau parsial dari kelompok (etno - bangsa graphy - deskripsi), sebagai cara untuk mengidentifikasi secara umum, apakah ini mengenai agama, hubungan sosial atau gaya manajemen (Lee et al., 2005).
Keuntungan yang mendasari metode kualitatif untuk menyelidiki irisan kehidupan sosial dibagi oleh para peneliti, praktek yang digunakan di lapangan mencerminkan tidak hanya kontinjensi situasional tetapi pemahaman tentang bagaimana subjek penelitian yang terbaik terlibat dalam usaha riset (Miall, Pawluch, & Shaffir, 2005).
Arnould (1998) dalam (Lee et al., 2005) menawarkan ringkasan yang bermanfaat pada studi etnografi dan perannya dalam riset konsumen, yang meliputi:
Etnografi harus bertujuan untuk menjelaskan cara bahwa budaya membangun dan dibangun oleh perilaku dan pengalaman dari para anggotanya.
Etnografi melibatkan partisipasi berkepanjangan dalam budaya tertentu atau sub-budaya.
Etnografi dalam penelitian konsumen cenderung partikularistik daripada digeneralisasikan, mengemban rekening pluralistik konsumsi.
Potensi etnografi terletak dalam menerapkan metode pengumpulan data beberapa di sebuah fenomena tunggal. Ini bisa berkisar dari survei untuk data pengamatan, kaset video, foto, dan rekaman pidato dalam tindakan.
Etnografi membutuhkan taktik untuk mewakili temuan penelitian. representasi ini harus bertujuan untuk mengungkap makna berlapis bahwa kegiatan pemasaran terus untuk pelanggan.
Waktu pelaksanaan Etnografi
Untuk memahami pola kelompok berbudaya-sama, etnografi bisanya menghabiskan waktu cukup banyak “di lapangan” untuk mewawancarai, mengobservasi, dan mengumpulkan berbagai dokumen tentang kelompok untuk memahami perilaku, keyakinan, dan bahasa berbudaya-sama mereka (Creswell, 2015).
Anda melaksanakan etnografi jika Anda memiliki akses ke suatu kelompok berbudaya-sama sehingga Anda dapat membangun catatan terperinci tentang perilaku dan kepercayaan mereka dari waktu ke waktu. Anda bisa menjadi partisipan dalam kelompok atau sekedar menjadi pengamat, tetapi Anda mengumpulkan catatan lapangan ekstensif, mewawancarai banyak orang dan mengumpulkan surat-surat serta berbagai dokumen untuk memantapkan catatan tentang kelompok berbudaya-sama itu (Creswell, 2015).
Bagaimana penelitian etnografi berkembang?
Rancangan etnografi berakar dari studi antropologi dari masyarakat kecil, pedesaan (dan sering terpencil) yang dilakukan di awal 1900-an, ketika para peneliti seperti Bronislaw Malinowski dan Alfred Radcliffe-Brown berpartisipasi dalam masyarakat ini dalam waktu lama dan didokumentasikan pengaturan sosial mereka dan sistem kepercayaan. Pendekatan ini kemudian diadopsi oleh anggota Chicago School of Sociology (misalnya, Everett Hughes, Robert Park, Louis Wirth) dan diterapkan ke berbagai pengaturan perkotaan dalam studi mereka dari kehidupan sosial (Reeves et al., 2008).
Observasi dan wawancara menjadi prosedur standar untuk mengumpulkan dan “di lapangan”. Di samping itu, di bawah para sosiolog di University of Chicago pada 1920-an sampai 1950-an, penelitian memfokuskan pada pentingnya meneliti suatu kasus tunggal- apakah kasus itu adalah seorang individu, kelompok, perkampungan, atau unit budaya yang lebih besar (Creswell, 2015).
Jenis data strategi penelitian etnografi
Tiga jenis data strategi penelitian etnografi yang berguna dalam menilai dampak dari program intervensi atau inovasi kurikuler (untuk skema alternatif untuk mengklasifikasikan penelitian evaluasi sesuai dengan tujuan evaluatif keseluruhan, menyoroti studi kasus atau metode etnografi (LeCompte & Goetz, 1982):
Data dasar: informasi tentang manusia dan konteks teknologi dari populasi penelitian dan pengaturan Program. fitur sosial, psikologis, budaya, demografi, dan fisik konteks harus diidentifikasi, baik untuk menilai dampak intervensi dan untuk menetapkan parameter yang dapat mempengaruhi generalisasi untuk pengaturan lain dan populasi. Kerangka kelembagaan dan hubungan dengan lembaga-lembaga lainnya harus diperiksa untuk berbagai countervailing pengaruh menimpa pada perubahan dan stabilitas.
Proses Data: informasi menentukan apa yang terjadi dalam perjalanan dari program kurikuler atau inovasi. Cara program atau intervensi dan evaluasi didekati dan ditangani oleh peserta memberikan data untuk menilai dampak dan keberhasilan intervensi.
Nilai Data: informasi tentang nilai-nilai peserta, administrator program, dan kebijakan yang dibiayai program. Nilai-nilai implikasi dari suatu inovasi, yang nilainya mendukung intervensi dan yang diabaikan, dapat mempengaruhi keputusan tentang penyebaran lebih lanjut.
Tipe-Tipe Rancangan Etnografi
Etnografi Realis
Etnografi realis adalah pendekatan populer yang digunakan oleh para antropolog budaya. Dikarakteristikkan oleh Van Maanen (1998) dalam (Creswell, 2015), ia merefleksikan posisi tertentu yang diambil oleh peneliti terhadap individu-individu yang diteliti. Etnografi realis adalah penjelasan objektif tentang situasi, yang biasanya ditulis dalam pandangan orang ketiga, yang melaporkan secara objektif tentang informasi yang dipelajari dari partisipan di lapangan. Hal berikut terjadi pada rancangan etnografi ini :
Etnografi realis menarasikan penelitian dari suara orang ketiga yang tidak memihak dan melaporkan tentang observasi terhadap para partisipan dan pandangan mereka. Etnografer tidak menawarkan refleksi pribadi dalam laporan penelitiannya dan tetap berada di latar belakang sebagai pelapor yang maha mengetahui “fakta”
Peneliti melaporkan data objektif dengan gaya terukur yang tidak dicemari oleh bias, tujuan politik, dan judgment pribadi. Peneliti mungkin memberikan detail yang biasa-biasa saja tentang kehidupan sehari-hari orang yang diteliti. Etnografer juga menggunakan kategori standar untuk deskripsi budaya (misalnya, kehidupan keluarga, kehidupan kerja, jaringan sosial, dan sistem status)
Etnografer menghasilkan pandangan partisipan melalui kutipan yang diedit dengan cermat dan memiliki kata final tentang interpretasi dan presentasi budaya.
Tipe etnografi ini memiliki tradisi panjang antropologi budaya dan pendidikan. Contohnya, Wolcott (1974, 1994) dalam (Creswell, 2015)menginterpretasi tindakan komite tersebut dalam kaitannya dengan kurangnya pengetahuan professional, perilaku “mengurangi keragaman” mereka, dan keengganan sekolah untuk berubah.
Tabel 1. Tipe-Tipe Etnografi
Etnograf realis
Etnografi yang ditulis secara ilmiah dan objektif
Etnografi konfensional
Laporan pengalaman kerja lapangan etnografer
Riwayat hidup
Penelitian terhadap seorang individu yang berada di dalam konteks budaya kehidupannya
Studi kasus etnografis
Analisis kasus seseorang, suatu peristiwa, kegiatan, atau proses yang diletakkan pada perspektif budaya
Etnografi kritis
Kajian tentang pola-pola yang sama pada suatukelompok yang termarjinalisasi dengan maksud advokasi tentang masalah kekuasaan dan wewenang
Etnografi feminis
Kajian tentang perempuan dan praktik-praktik budaya yang melemahkan dan menindas mereka
Etnografi pascamodern
Etnografi yang ditulis untuk menantang berbagai masalah dalam masyarakat kita yang timbul akibat penekanan modern pada kemajuan dan memarjinalisasi individu
Novel etnografi
Karya fiksi yang difokuskan pada aspek budaya suatu kelompokk.

Studi kasus
Studi kasus adalah salah satu tipe penting etnografi, meskipun ia berbeda dengan etnografi dalam beberapa hal penting. Peneliti studi kasus mungkin memfokuskan pada sebuah program, peristiwa, atau tindakan yang melibatkan individu, bukan kelompok atau sendiri (Stake, 1995 dalam Creswell, 2015).
Masalah-Masalah dalam Penelitian Etnografi
Masalah etik dalam etnografi berkaitan dengan masalah kerja lapangan. Masalah etik ini melibatkan topik-topik seperti mendapatkan akses ke lapangan, tinggal di lapangan, mengumpulkan data di lapangan, dan interaksi yang terjadi dengan berada di lapangan penelitian (Creswell, 2015).
Kutipan dalam penelitian etnografi tidak lengkap, tetapi hanya digunakan untuk menggambarkan kategori yang diidentifikasi. Perlu dicatat bahwa responden terdiri dari sampel yang terbatas, akibatnya, penyesuaian khusus mereka untuk peran guru belum tentu mewakili populasi yang lebih besar (Pajak & Blasé, 1984).
Langkah-Langkah dalam Melaksanakan Etnografi
Langkah-langkah dalam melaksanakan etnografi melibatkan mulai dengan ketertarikan untuk mengkaji sebuah tema budaya, mengidentifikasi sebuah bounded site (tempat yang memiliki batas-batas tertentu), dan menelaah pola-pola yang sama untuk sebuah kelompok. Peneliti melontarkan pertanyaan-pertanyaan penelitian umum untuk mengidentifikasi pola perilaku, keyakinan, atau bahasa yang sama dan juga mengumpulkan data lapangan ekstensif. Dari data ini, suatu potret umum tentang bagaimana kelompok berbudaya-sama bekerja dikembangkan melalui deskripsi, analisis, dan interpretasi. Interpretasi dan penulisan sensitif terhadap refleksivitas peneliti, dan beragam bentuk struktur penulisan digunakan (Creswell, 2015).
Mengidentifikasi maksud dan tipe rancangan dan mengaitkan maksud dengan permasalahan penelitian
Mendiskusikan tentang persetujuan akses
Menggunakan prosedur pengumpulan data semestinya
Menganalisis dan Menginterpretasi Data dalam Suatu Rancangan
Menulis laporan yang konsisten dengan rancangan
Bagaimana Cara Mengevaluasi Etnografi?
Untuk evaluator tradisional, terbiasa dengan berbagai instrumen, skala penilaian, dan tes, teknik pengumpulan data yang paling umum digunakan oleh etnografer mungkin tampak absurd sederhana. Alat utama etnografer adalah mata dan telinga dan kemampuan sensorik lainnya, ditambah dengan koleksi bantu mekanis seperti video-dan rekaman perekam dan masih dan kamera gerak-gambar (LeCompte & Goetz, 1982).
Kriteria untuk mengevaluasi sebuah etnografi dimulai dengan menerapkan standar yang digunakan dalam penelitian kualitatif. Setelah itu faktor-faktor khusus perlu dipertimbangkan dengan semestinya dalam etnografi. Berdasarkan Fetterman (2010) dan Walcott (2008) dalam (Creswell, 2015).
Tabel 2.  Mengevaluasi Kualitas Penelitian Etnografi
Kriteria Kualitas
Indikator Kualitas yang Lebih Tinggi
Indikator Kualitas yang Lebih Rendah
Elemen Kunci


Peneliti mengidentifikasi suatu kelompok berbudaya-sama atau sebuah kasus untuk diteliti
Peneliti mengidentifikasi dengan jelas kelompok berbudaya-sama dan menetapkan mengapa mereka penting untuk diteliti
Peneliti tidak pernah mengidentifikasi kelompok berbudaya-sama yang dimaksud dalam penelitian, dan pembaca dibiarkan menduga-duga kelompok apa yang diteliti.
Etnografer memfokuskan pada memahami sebuah konsep budaya
Peneliti mengambil dari kepustakaan antropologi tentang “budaya” dan mengidentifikasi satu atau beberapa konsep yang menjadi focus pemahaman tentang bagaimana kelompok berbudaya-sama itu bekerja.
Peneliti menyebutkan terlalu banyak konsep yang dieksplorasi pada kelompok budaya atau tidak mengidentifikasi konsep budaya yang dieksplorasi dalam penelitian
Peneliti mencoba mempelajari bagaimana kelompok berbudaya-sama menetapkan pola perilaku, bahasa, dan kepercayaan dari waktu ke waktu 
Peneliti mengumpulkan data dalam ranah (setting) kelompok berbudaya sama selama jangka panjang (misalnya, 6 bulan) dan mencatat informasi tentang berbagai perilaku, bahasa, dan keyakinan
Peneliti hanya menghabiskan waktu singkat dalam ranah (setting) kelompok berbudaya-sama (misalnya, kurang dari 6 bulan) sehingga pola-pola perilaku, bahasa, dan keyakinan tidak diperinci dengan jelas dalam penelitian
Etnografer menganalisis multisumber data, termasuk wawancara dan observasi untuk pola-pola
Peneliti mengunjungi “lapangan” di banyak kesempatan pengumpulan data, khususnya melalui wawancara terperinci, membuat catatan lapangan dalam observasi, dan membuat catatan tentang dokumen yang dikumpulkan
Peneliti membatasi pengumpulan datanya pada satu bentuk data, misalnya wawancara, dan tidak tinggal “lapangan” cukup lama untuk mengobservasi dan mengumpulkan berbagai dokumen
Etnografer menyajikan analisis data melalui deskripsi, pengembangan tema, dan interpretasi tentang bagaimana kelompok berbudaya-sama itu bekerja.
Peneliti pertama-pertama mendeskripsikan kerja kelompok berbudaya-sama setelah itu mengidentifikasikan 5-7 tema yang mengarakteristikan kelompok itu, dan terakhir membuat interpretasi “bagaimana kelompok itu bekerja” melalui mengemukakan aturan yang mengatur kelompok dari waktu ke waktu
Peneliti melewati bagian mendeskripsikan kelompok dan langsung menganalisis temuan dalam kaitannya dengan tema yang muncul dari waktu ke waktu. Di akhir, peneliti tidak menyampaikan dengan jelas dalam rangkuman, bagaimana kelompok berbudaya-sama itu bekerja.
Peneliti merefleksikan tentang perannya di dalam penellitian dan bagaimana hal itu membentuk interpretasinya
Peneliti, mungkin melalui diskusi metode atau di tempat lain di dalam etnorgrafi, mendiskusikan pengalaman pribadinya sendiri dengan kelompok berbudaya-sama itu dan bagaimana pengalamannya mungkin telah membentuk deskripsi, tema, dan interpretasinya tentang kelompok itu
Peneliti tetap berada di latar belakang dan tidak memosisikan dirinya dalam penelitian etnografis. Jadi, pembaca tidak belajar tentang peneliti dan bagaimana pengalaman pribadinya mungkin telah membentuk etnografinya

Kriteria untuk Mengevaluasi Penelitian Etnografis
Dalam melaksanakan suatu etnografi yang baik, seorang peneliti seharusnya memberi perhatian pada pengidentifikasian suatu masalah budaya untuk diteliti, pemilihan suatu kelompok untuk diobservasi atau diwawancarai dari waktu ke waktu, dan mencatat pola perilaku, bahasa, dan keyakinan yang sama yang telah dikembangkan kelompok itu dari. waktu ke waktu. Uraiannya perlu mendeskripsikan kelompok dan sekaligus mengidentifikasi tema. Di samping itu, peneliti perlu memberikan bukti-bukti tentang sikap refleksifnya terhadap perannya dalam penelitian.
Kerja Lapangan
Fieldwork (Kerja lapangan) dalam etnografi berarti bahwa peneliti mengumpulkan data dalam ranah (setting) di mana partisipan berlokasi dan di mana pola yang sama dapat diteliti (Creswell, 2015).
Selama kerja lapangan, etnografer menggunakan beragam teknik penelitian untuk mengumpulkan data. Tabel 3, daftar komposit dari LeCompte dan Schensul (1999) dan Wolcott (2008) dalam (Creswell, 2015), memperlihatkan bentuk-bentuk pengumpulan data yang terutama kualitatif dan beberapa bentuk pengumpulan data kuantitatif.

Tabel 3 Bentuk popular data yang dikumpulkan oleh etnografer
Percakapan santai
Riwayat hidup, wawancara siklus kehidupan
Wawancara informan kunci (partisipan)
Wawancara semi-terstruktur
Wawancara terstruktur
Survei
Sensus rumah tangga, etnogenealogi
Kuesioner (tertulis dan / atau lisan)
Teknik proyektif
Observasi (nonpartisipan sampai partisipan)
Tes
Analisis isi teks sekunder atau bahan visual
Wawancara kelompok terfokus
Teknik pembangkitkan ingatan (misalnya, melihat scrapbook dan membicarakan tentang berbagai kenangan)
Bahan audiovisual (misalnya, rekaman audio atau visual, seperti rekaman kamera)
Pemetaan spasial (misalnya, mencatat bagaimana data bervariasi di berbagai unit, seperti kelompok dan instituisi)
Analisis jaringan (misalnya, mendeskripsikan jaringan dalam ruang dan waktu)

Di antara berbagai kemungkinan ini, observasi dan wawancara tak-terstruktur popular di kalangan etnografer. Untuk melihat rentang pengumpulan data yang dikumpulkan etnografer dalam penelitian, periksa bentuk yang digunakan oleh Rhoads (1995) dalam (Creswell, 2015) berikut ini dalam penelitian etnografisnya tentang kehidupan fraternity:
Dua belas wawancara terstruktur formal yang berlangsung antara 1 sampai 2 jam
Enam belas wawancara yang tidak begitu formal yang dicatat dalam catatan yang ditulis tangan.
Partisipasi dalam pesta terbuka fraternity maupun ritual tertutup yang hanya terbuka bagi sedikit orang luar.
Diskusi berkelanjutan dengan beberapa partisipan kunci yang menjelaskan signifikansi berbagai praktik fraternity.
Tinjauan terhadap banyak dokumen, termasuk handbook Yunani universitas, notulen dari rapat cabang, makalah kuliah, dan kebijakan kewajiban fraternity.
Deskripsi, Tema, dan Interpretasi
Deskripsi dalam etnografi adalah uraian terperinci tentang individu dan tempat kejadian untuk menggambarkan apa yang terjadi di kelompok berbudaya-sama itu.  Deskripsi itu perlu terperinci dan kental, dan perlu mengidentifikasi seluk-beluk. Hal ini berfungsi untuk menempatkan pembaca secara figuratif dalam ranahnya, membawa pembaca ke tempat kejadian aktualnya, dan membuatnya nyata. Hal ini melibatkan pembangunan pancaindra pembaca melalui kata sifat, kata benda, dan kata kerja yang memunculkan bunyi, penglihatan perasaan, dan bau. Hal ini berarti mendeskripsikan kejadian, kegiatan dan tempat tanpa membelok terlalu jauh dari tempat kejadian aktual yang menjadi perhatian dan orang yang berbagi pola perlu dibedakan. Uraian-uraian yang “mendeskripsikan” panjang dan terperinci. Kadang-kadang, etnografer atau penulis studi kasus memberikan suatu deskripsi mulai dari gambaran umum ke ranah spesifik dimana sebuah kejadian atau beberapa kejadian terjadi. Contohnya, gambar 1 yang memetakan uraian deskriptif dalam penelitian tentang seorang penembak di kampus (Assumen & Creswell, 1995) dalam Creswell (2015). Peneliti mulai dengan mendeskripsikan kotanya, setelah itu mempersempit deskripsinya ke kampus itu, dan terakhir memfokuskan pada ruang kelas di mana insiden  itu terjadi.

Gambar 1. Deskripsi dari luas ke sempit dalam studi kasus Penembak
Perbedaan antara deskripsi dan analisis tema tidak selalu jelas. Analisis tema menghindari melaporkan "fakta” dan membuat interpretasi tentang orang dan kegiatan. Sebagai bagian dari menjelaskan informasi, analisis data tematik dalam etnografi terdiri atas mendistilasi bagaimana berbagai hal bekerja dan menamai fitur esensial dalam tema yang ada dalam ranah budaya. Sesuai dengan proses tentang mendeskripsikan dan mengembangkan tema dari data, etnografer inensegmentasi teks (atau gambar), mengode mereka, dan merumuskan sejumlah kecil tema yang tidak saling tumpang-tindih. Akan tetapi, dalam etnografi, tema ini memetakan pola perilaku, berpikir, atau berbicara yang sama. Kesulitannya terletak pada mengurangi tema-tema menjadi sejumlah kecil tema dan memberikan bukti yang adekuat untuk masing-masing tema.
Penjelasan Craswell (2015) mengenai tema-tema tampak dalam etnografi yang dideskripsikan di bawah ini:
Dalam penelitian etnografi tentang resolusi konflik antara anak-anak “yang berkembang secara tipikal” dan anak-anak dengan disabilitas di prasekolah terpadu, Malloy dan McMurray menemukan beberapa konflik yang berkaitan dengan tujuan, oposisi, strategi, hasil, dan peran guru.
Goodman & d Adler dalam Craswell (2015) menejelaskan sebuah studi kasus menelaah perspektif para guru terhadap ilmu pengetahuan sosial di sekolah dasar. Student teachers melihat ilmu pengetahuan sosial sebagai non-subjek, hubungan manusia, indoktrinasi kewarganegaraan, pengetahuan sekolah, inti kurikulum dasar integratif dan sebagai pendidikan untuk aksi sosial.
Setelah deskripsi dan analisis, sampai pada interpretasi. Di bagian interpretasi dalam etnografi, etnografer menarik inferensi dan membentuk kesimpulan tentang apa yang telah dipelajari. Fase analisis ini paling subjektif. Peneliti menghubungkan deskripsi dan tema kembali ke potret yang lebih besar dari apa yang telah dipelajari, yang sering kali merefleksikan kombinasi tertentu antara peneliti yang membuat asesmen pribadi, kembali ke kepustakaan tentang tema budaya, dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan lebih jauh berdasarkan data. Hal ini mungkin juga termasuk menangani masalah-masalah yang timbul selama kerja lapangan, yang membuat penjelasannya tentatif atau paling jauh hipotetis. Dalam etnografi Raul, seorang anak laki-laki 12 tahun dengan berbagai disabilitas, dan saudara laki-laki, keluarga, dan temannya (Harry et a1., 1998 dalam Craswell, 2015), interpretasi terdiri atas penulis merefleksikan tentang perbedaan antara pengasingan dalam ranah non keluarga dan penerimaan tanpa syarat dalam keluarga.
Konteks atau Ranah
Konteks untuk etnografi adalah ranah, situasi, atau lingkungan di sekitar kelompok budaya yang diteliti. Konteks ini multilapis dan saling berkaitan, yang terdiri atas faktor-faktor seperti sejarah, agama, politik, ekonomi, dan lingkungan (Fetterman, 2010) dalam Craswell (2015). Konteks ini mungkin berupa lokasi fisik, misalnya deskripsi tentang sekolah, keadaan gedung, warna dinding ruang kelas, atau suara-suara yang terdengar di aula. Konteks juga bisa berupa konteks historis individu-individu dalam kelompok, apakah mereka pernah mengalami penindasan atau dominasi atau orang yang baru saja tiba dan excited dengan negari baru mereka. Atau berupa kondisi sosial individu-individu, reuni teman-téman lama mereka untuk membangun kekerabatan, status mereka sebagai suatu profesi, atau pendapatan dan mobilitas geografis mereka. Kondisi ekonomi juga bisa termasuk tingkat pendapatan, latar belakang kelas pekerja atau kerah biru, atau sistem keuangan yang membnat individu-individu tetap berada di tingkat miskin.
Refleksivitas Peneiliti
Refleksivitas dalam etnografi mengacu pada peneliti yang menyadari tentang dan mendiskusikan secara terbuka perannya dalam penelitian, dengan cara yang menghormati tempat dan partisipan. Oleh karena penelitian etnografis melibatkan tinggal di suatu tempat dalam waktu yang lama, peneliti peduli dengan dampak keberadaannya pada tempat dan orangnya. Etnografer menegosiasikan masuknya ke tempat itu dengan individu-individu kunci dan merencanakan untuk meninggalkan tempat itu dengan sesedikit mungkin menimbulkan gangguan. Sebagai individu yang memiliki sejarah dan latar belakang budayanya sendiri, etnografer menyadari bahwa interpretasinya hanya salah satu kemungkinan.
Penelitian Narasi
Pengertian penelitian narasi
Menurut Creswell (2009) dalam (Sugiyono, 2014)Narrative research is a qualitative strategy in which the researcher studies the kivess of individuals and aks one or more individuals to provide stories about their lives. His information is then often retolt or restoried by the researcher into a narrative chronology. Artinya, Penelitian Narative adalah merupakan salah satu jenis penelitian kualitatif, di mana peneliti melakukan studi terhadap satu orang individu atau lebih untuk memperoleh data tentang sejarah perjalanan dalam kehidupannya. Data tersebut selanjutnya oleh peneliti disusun menjadi laporan yang narrative dan kronologis.
Narasi mempelajari dari berbagai perspektif. Mishler (1986) dalam Craswell (2015) menyatakan bahwa analisis naratif menekankan kepada:
a) Hal-hal tekstual , atau perangkat sintaksis dan semantik internal menghubungkan bagian dari teks
b) Hal-hal Ideasional, atau makna referensial dari apa yang dikatakan
c) Hal-hal Interpersonal, atau hubungan peran antara pembicara  dan pendengar yang tercermin dalam percakapan.
Analisis naratif telah memasukkan teknik sosiolinguistik, ethnomethodological dan fenomenologis. Penelitian narasi juga dapat dikategorikan sebagai deskriptif dan eksplanatori (Sandelowski, 1991) dalam Craswell (2015) .

Tabel 4
Beberapa contoh tipe bentuk penelitian naratif
Autobiografi
Dokumen pribadi
Autoetnografi
Biografi
Dokumen kehidupan
Etnopsikologi
Life writing
Cerita kehidupan dan
riwayat hidup
Person-centered
ethnographies
Persona/ accounts
Riwayat lisan
Popular memories
Narasi pribadi

Etnohistori

Testimonios Amerika Latin
Wawancara naratif
Etnobiografi
Memoar Polandia

Ciri-Ciri Khusus Kunci Rancangan Naratif
Terlepas dari banyaknya bentuk penelitian naratif, mereka memiliki beberapa ciri khusus yang sama. Sebelum meninjau ciri-ciri khusus kuncinya, kami mendiskusikan mereka secara umum dan menghubungkannya dengan ciri-ciri khusus penelitian kualitatif.
Seperti ditunjukkan dalam Tabel 5 peneliti naratif mengeksplorasi permasalahan penelitian pendidikan dengan memahami pengalaman seorang individu. Seperti pada kebanyakan penelitian kualitatif, tinjauan kepustakaan memainkan peran kecil, khususnya dalam mengarahkan pertanyaan penelitian, dan peneliti menekankan pentingnya belajar dari partisipan dalam suatu ranah. Pembelajaran ini terjadi melalui cerita yang dikisahkan oleh individu, seperti guru atau siswa. Cerita merupakan datanya, dan peneliti biasanya mengumpulkannya melalui wawancara atau percakapan informal. Cerita ini, yang disebut field texts (teks lapangan) (Clandinin & Connelly, 2000), menyediakan data kasar bagi peneliti untuk dianalisis ketika mereka menceritakan kembali kisah itu berdasarkan elemen naratif, seperti permasalahan, tokoh, ranah, tindakan, dan resolusi (Ollerenshaw & Creswell, 2000) dalam (Creswell, 2015). Dalam proses ini, peneliti menarasikan cerita dan sering kali mengidentifikasi tema atau kategori yang muncul. Jadi, analisis data kualitatifnya mungkin berupa deskripsi cerita dan tema yang muncul darinya. Di samping itu, peneliti sering kali menuliskan ke dalam cerita yang disusun kembali kronologi kejadian yang mendeskripsikan pengalaman individu di masa lalu, sekarang, dan yang akan datang dalam ranah atau konteks tertentu. Sepanjang proses mengumpulkan dan menganalisis data ini, peneliti berkolaborasi dengan partisipan dengan memeriksa ceritanya dan menegosiasikan makna basis-datanya. Di samping itu, peneliti dapat menjalinkan cerita pribadinya ke dalam laporan final.
TABEL 5
Mengidentifikasi permasalahan penelitian

Permasalahan kualitatif membutuhkan eksplorasi dan pemahaman

Mencoba memahami dan merepresentasikan pengalaman melalui cerita-cerita yang dialami dan dikisahkan oleh individu (individu)

Tinjauan kepustakaan
kepustakaan kualitatif rnemainkan peran kecil
Kepustakaan kualitatif menjustifikasi permasalahan penelitian

Mencoba meminimalkan penggunaan kepustakaan dan memfokuskan pada pengalaman individu)

Mengembangkan pernyataan tentang maksud penelitian dan pertanyaan penelitian
Pernyataan tentang maksud penelitian dan pertanyaan penelitian kualitatifnya luas dan umum
Pernyataan tentang maksud penelitian dan pertanyaan penelitian kualitatif mencari pengalaman partisipan

Mencoba mengeksplorasi makna pengalaman individu seperti yang dikisahkan melalui suatu cerita atau berbagai cerita.

Mengumpulkan data kualitatif

 Pengumpulan data kualitatif didasarkan pada penggunaan protokol yang dikembangkan penelitian.
Pengumpulan data kualitatif melibatkan mengumpulkan data teks atau gambar.
Pengumpulan data kualitatif melibatkan mempelajari sejumlah kecil individu atau tempat


Mencoba mengumpulkan field texts (teks lapangan) yang mendokumentasikan cerita individu dengan kata-katanya sendiri,

Menganalisis dan menginterpretasi data kualitatif

Analisis data kualitatif berupa analisis teks

Mencoba menganalisis cerita dengan menceritakan kembali kisah individu.
Mencoba menganalisis cerita dengan mengidentifikasi tempat atau kategori informasi.
Mencoba menempatkan cerita dalam tempat atau ranahnya.
Mencoba menganalisis cerita untuk informasi kronologis tentang masa lalu, masa kinii dan masa depan individu.

Menulis dan mengevaluasi penelitian

Penelitian kualitatif melaporkan penggunaan struktur yang fleksibel dan yang muncul serta kriteria evaluasinya.
Peneliti kualitatif mengambil pendekatan refleksif dan terbias.

Mencoba berkolaborasi dengan partisipan ketika menulis penelitian
Mencoba menulis ceritanya dengan cara bercerita (storytelling) yang fleksibel
Mencoba mengevaluasi penelitian berdasarkan kedalaman, keakuratan persuasivitast dan realisme ceritanya.

Tabel 6
Ciri-ciri utama penelitian naratif
Pengalaman seorang individu—interaksi sosial dan personal
Kronologi pengalaman—pengalaman dimasa lalu sekarang, dan yang akan datang
Cerita kehidupan—cerita lisan tentahg tindakan orang-penama yang field texts (data)
Menceritakan kembali (atau mengisahkan kembali atau mengembangkan metastory) dari field texts.
Mengode field texts untuk menemukan tema atau kategori
Memasukkan konteks atau tempat ke dalam cerita atau tema
Kolaborasi antara peneliti dan partisipan dalam penelitian, misalnya menegosiasikan feld texts
Sumber: Diadaptasi dari Clandinin dan Connelly (2000), Lieblich et al. (1998), dan Riessman (2008) dalam (Creswell, 2015).
Pengalaman Individu
Dalam penelitian naratif, peneliti sering kali meneliti seorang individu tunggal. Peneliti naratif memfokuskan pada pengalaman seorang individu atau lebih. Meskipun lebih jarang, peneliti mungkin meneliti lebih dari seorang individu (McCarthey, 1994) dalam (Creswell, 2015).
Selain penelitian/kajian terhadap seorang individu, peneliti paling tertarik mengeksplorasi pengalaman individu tersebut. Clandinin dan Connelly (2000), pengalaman dalam penelitian naratif ini bersifat personal, yaitu apa yang dialami individu, dan sosial, individu yang berinteraksi dengan orang lain. Fokus pada pengalaman ini berdasarkan pemikiran filosofis dari John Dewey, yang melihat bahwa pengalaman individu adalah lensa sentral untuk memahami seseorang. Salah satu aspek pemikiran Dewey adalah melihat pengalaman sebagai sesuatu yang berkelanjutan (Clandinin & Connelly, 2000), di mana suatu pengalaman akan memunculkan pengalaman yang lain. Jadi, peneliti naratif memfokuskan pada memahami riwayat atau pengalaman masa lalu individu dan bagaimana pengalaman itu memberikan kontribusi pada pengalaman saat ini dan yang akan datang.
Kronologi Pengalaman
Memahami masa lalu maupun masa kini dan masa depan individu adalah elemen kunci lain dalam penelitian naratif. Peneliti naratif menganalisis dan melaporkan suatu kronologi pengalaman seorang individu. Ketika peneliti memfokuskan pada memahami pengalaman ini, pengalaman itu memunculkan informasi tentang masa lalu, masa kini, dan masa depan partisipan. Kronologi dalam rancangan naratif berarti bahwa peneliti menganalisis dan menulis tentang kehidupan seorang individu dengan menggunakan sekuensi waktu atau kronologi kejadian. Cortazzi (1993) dalam (Creswell, 2015) mengatakan bahwa kronologi penelitian naratif menekankan sekuensi, yang membedakan narasi dari genre-genre penelitian lainnya. Contohnya, dalam suatu penelitian tentang penggunaan teknologi komputer oleh seorang guru di sebuah ruang kelas SMA, peneliti akan memasukkan informasi tentang pengenalan komputer oleh sang guru, penggunaan komputer saat ini, dan tujuan serta cita-citanya di masa mendatang. Cerita yang dilaporkan oleh peneliti akan memasukkan diskusi tentang sekuensi kejadian untuk guru tersebut.
Mengumpulkan Cerita Individu
Untuk mengembangkan perspektif kronologis pengalaman individu, peneliti naratif minta kepada partisipan untuk menceritakan sebuah kisah (atau beberapa kisah) tentang pengalamannya. Peneliti naratif menekankan pada pengumpulan cerita yang dikisahkan kepada mereka oleh individu atau yang dikumpulkan dari beragam field texts. Cerita ini mungkin akan timbul selama percakapan kelompok informal atau dari wawancara satu-lawan-satu. Sebuah cerita dalam penelitian naratif adalah cerita lisan orang pertama atau penceritaan kembali tentang seorang individu. Sering kali, cerita ini memiliki awal, pertengahan, dan akhir. Serupa dengan elemen dasar yang ditemukan dalam novel yang bagus, aspek ini melibatkan suatu situasi yang sulit, konflik, atau pergulatan; seorang protagonis atau tokoh cerita; dan sekuensi yang menyiratkan kausalitas (plot) di mana situasi sulit itu diatasi dengan cara tertentu (Carter, 1993) dalam (Creswell, 2015). Dalam pengertian yang lebih umum, cerita itu mungkin memasukkan elemen-elemen yang lazim ditemukan dalam novel, seperti waktu, tempat, plot, dan adegan (Connelly & Clandinin, 1990). Bagi mereka yang melihat narasi dari perspektif sastra, sekuensi itu mungkin adalah pengembangan plot selama ceritanya dibentangkan, munculnya sebuah krisis atau titik balik, dan kesimpulan atau resolusi. Peneliti naratif berharap untuk menangkap alur cerita ini selama mereka mendengarkan individu bercerita.
Peneliti naratif mengumpulkan cerita dari beberapa sumber data. Field texts (teks lapangan) merepresentasikan informasi dari sumber-sumber yang berbeda yang dikumpulkan oleh peneliti dalam suatu rancangan naratif. Sampai titik ini, contoh kita telah mengilustrasikan pengumpulan cerita dengan menggunakan diskusi, percakapan, atau wawancara antara seorang peneliti dengan seorang individu. Akan tetapi, cerita juga bisa bersifat autobiografis, di mana peneliti merefleksikan tentang ceritanya dan menjalinkan cerita itu dengan cerita orang lain. Sering kali, peran peneliti dalam proses penelitian mungkin bersifat æntral, di mana mereka menemukan dirinya ada berada dalam cerita yang jalin-menjalin (Clandinin & Connolly, 2000, hlm. 63). Jurnal (catatan harian) adalah bentuk lain untuk mengumpulkan cerita, seperti halnya catatan lapangan (field notes) yang ditulis oleh peneliti atau partisipan. Surat-surat menyediakan data yang berguna. Surat-surat tersebut mungkin berisi tulisan balas-membalas di antara para partisipan, di antara para kolaborator penelitian, atau antara peneliti dan partisipan (Clandinin & Connelly, 2000). Cerita, foto, dan kotak kenangan keluarga—kumpulan benda yang memicu ingatan kita—adalah bentuk lain yang digunakan untuk mengumpulkan cerita dalam penelitian naratif.
Langkah-langkah penelitian naratif
Gambar 2
7 langkah utama penelitian naratif:
Langkah 1. Mengidentifikasi Suatu Fenomena yang Menjawab Permasalahan Penelitian Untuk Dieksplorasi
Seperti semua proyek penelitian, prosesnya dimulai dengan memfokuskan pada suatu permasalahan penelitian untuk diteliti dan mengidentifikasi, dalam penelitian kualitatif, suatu fenomena sentral untuk dieksplorasi. Meskipun fenomena yang dimaksud dalam narasi adalah ceritanya (Connely & Clandinin, 1990). Anda tidak perlu mengidentifikasi suatu isu atau masalah.
langkah 2. Sengaja Memilih Seorang individu. Dari Mana Anda Dapat Belajar tentang Fenomena yang Dimaksud
Selanjutnya Anda menemukan seorang individu atau individu-individu yang dapat memberikan pemahaman tentang fenomena yang dimaksud. Partisipan bisa seseorang yang tipikal atau seseorang yang kritis bagi penelitian karena telah mengalami masalah atau situasi tertentu. Di samping itu juga ada opsi-opsi lain untuk pengambilan sampel. Meskipun banyak penelitian naratif hanya menelaah seorang individu saja, Anda juga dapat meneliti beberapa individu dalam suatu proyek masing -masing dengan cerita yang berbeda, yang mungkin bertentangan atau saling mendukung satu sama lain.
Langkah 3. Mengumpulkan Cerita dari individu Tersebut
Niat Anda adalah untuk mengumpulkan field texts yang akan menyediakan cerita tentang pengalaman seorang individu. Mungkin cara terbaik untuk mendapatkan cerita adalah minta kepada individu tersebut untuk menceritakan pengalamannya melalui percakapan pribadi atau wawancara. Anda juga dapat mengumpulkan field texts lain, misalnya:
Meminta individu untuk mencatat ceritanya dalam catatan harian atau buku harian
Mengamati individu dan membuat muatan lapangan
Mengumpulkan surat yang dikirim oleh individu
Merangkai cerita tentang individu dari para anggota keluarga
Mengumpulkan dokumen, seperti memo atau korespondensi resmi, tentang individu .
Mendapatkan foto, kotak kenang  dan artefak pribadi/ keluarga/sosial lain
 Mencatat pengalaman hidup individu (misalnya menari, teater, musik, film, seni, dan sastra; (Clandinin & connelly 2000) dalam Craswell (2015).
Langkah 4. Menceritakan Kembali Kisah Individu
Setelah itu, meninjau data yang berisi cerita lalu menceritakan kembali. Proses ini melibatkan pemeriksaan data kasar, mengidentifikasi elemen-elemen suatu cerita di dalamnya, mengurutkan atau mengorganisasikan elemen-elemen cerita, dan kemudian menyuguhkan kisah yang diceritakan kembali, yang menyampaikan pengalaman individu. Anda menggunakan restorying karena pendengar dan pembaca akan lebih memahami cerita yang diceritakan oleh partisipan jika Anda menatanya dalam urutan yang logis.
Elemen-elemen apa yang Anda identifikasi dalam data kasar untuk cerita Anda? Bagaimana Anda menata elemen-elemen ini dalam cerita Anda? Peneliti naratif berbeda-beda tentang elemen-elemen yang akan dipilih, meskipun secara umum Anda dapat menyebutkan elemen-elemen naratif seperti yang ditemukan dalam analisis sastra terhadap suatu novel. Contohnya, waktu, tempat, plot, dan adegan merupakan elemen-elemen utama yang dicari dalam cerita oleh peneliti (Connelly & Clandinin, 1990). Dengan memfokuskan pada plot, Anda akan dapat mengidentifikasi suatu abstrak kejadian atau tindakan, mengorientasikan pendengar, menyampaikan tindakan yang memperumit, mengevaluasi maknanya, dan mengatasi tindakan itu (Cortazzi, 1993) dalam (Creswell, 2015). Peneliti lain mugkin menelaah cerita untuk menemukan ranah (setting), tokoh, tindakan, permasalahan, dan resolusi (Ollerenshaw & Creswell, 2000). Meskipun ada beberapa strategi analitik untuk, menemukan dan mengurutkan suatu cerita, semua prosedur mengurutkan cerita untuk pembaca dan pendengar dengan menggunakan elemen-elemen sastra.
Langkah 5. Berkolaborasi dengan Partisipan yang Menceritakan Kisahnya
Langkah ini berinteraksi dengan semua langkah lain dalam proses. Anda berkolaborasi secara aktif dengan partisipan selama proses penelitian. Kolaborasi ini bisa mengambil beberapa bentuk, misalnya, menegosiasikan entry ke tempat dan partisipan penelitian, bekerja dekat dengan partisipan untuk mendapatkan field texts untuk menangkap pengalaman individu, dan menulis serta menceritakan kisah individu dengan kata-kata peneliti.
Langkah 6. Menulis Cerita tentang Pengalaman Partisipan
Langkah utama dalam proses penelitian adalah penulis menulis dan menyajikan cerita tentang pengalaman individu. Meskipun tidak ada cara tunggal untuk menulis laporan naratif, akan membantu ' untuk memasukkan beberapa fitur narasi. Kisah yang Anda ceritakan kembali tentu menduduki tempat sentral dalam laporan naratif. Di samping itu, Anda dapat memasukkan suatu analisis untuk menyoroti tema tertentu yang muncul selama cerita itu. Biasanya, Anda tidak memasukkan bagian kepustakaan; alih-alih, Anda memasukkan kepustakaan dan penelitian tentang permasalahan ke dalam bagian-bagian akhir penelitian. Oleh karena pembaca sering kali tidak familier dengan narasi, Anda dapat menulis suatu bagian tentang pentingnya penelitian naratif dan prosedur yang terlibat di dalamnya sehingga Anda dapat memberi tahu pembaca tentang penelitian naratif Anda. Seperti semua penelitian kualitatif, Anda hadir dalam laporan naratif itu, dan Anda menggunakan kata ganti orang pertama untuk menyebut diri Anda.
Langkah 7. Memvalidasi Keakuratan Laporan
Anda juga perlu memvalidasi keakuratan cerita naratif Anda. Jika ada kolaborasi dengan partisipan, validasi ini bisa terjadi di sepanjang proyek. Beberapa praktik validasi, seperti member checking, mentriangulasi di antara sumber data, dan mencari bukti-bukti yang mendiskonfirmasi, berguna untuk menentukan keakuratan dan kredibilitas suatu cerita naratif.
Restorying
Setelah individu menceritakan tentang pengalamannya, peneliti naratif menyampaikan kembali (atau menceritakan kembali atau memetakan kembali) cerita itu dengan katækatanya sendiri. Peneliti melakukan hal itu untuk memberikan urut-urutan dan sekuensi pada suatu cerita yang mungkin dikisahkan secara tidak berurutan. Restorying (menceritakan kembali) merupakan proses di mana peneliti mengumpulkan cerita-cerita, menganalisis mereka untuk menemukan elemen-elemen kunci cerita (misalnya, waktu, tempat, plot, dan adegan), dan setelah itu menuliskan kembali cerita itu untuk menempatkannya dalam urut-urutan kronologis. Ketika individu bercerita, sekuensi ini sering kali hilang atau dikembangkan secara tidak logis. Dengan menceritakan kembali, peneliti memberikan sekuensi kronologis dan kaitan sebab-akibat di antara ide-ide. Ada beberapa cara untuk menceritakan kembali suatu narasi.
Periksa transkrip, yang ditunjukkan dalam Tabel 4, dari proyek naratif yang mengkaji perilaku merokok remaja (Ollerenshaw & Creswell, 2000). Tabel ini memperlihatkan proses menceritakan kembali data wawancara untuk seorang siswa SMA yang berusaha berhenti merokok. Prosesnya melibatkan tiga tahap:
Peneliti melaksanakan wawancara dan mentranskripsikan pembicaraannya dari rekaman suara. Transkripsi ini di tunjukan di kolom pertama data kasarnya.
Selanjutnya, penelitian naratif meretranskipkan data kasarnya dengan mengidentifikasi elemen-elemen kunci cerita. Hal ini ditunjukkan dalam kolom kedua. Kunci di bagian bawah tabel menunjukkan kode-kode yang digunakan oleh peneliti untuk mengidentifikasi setting tokoh cerita tindakan [a], masalah [p], dan resolusi [r] dalam ettanskripsi siswa tersebut.
Terakhir, peneliti naratif menceritakan kembali kisah siswa tersebut dengan mereorganisasi kode-kode kuncinya ke dalam sebuah sekuensi. Sekuensi yang ditampilkan dalam uraian ini adalah ranah, tokoh tindakan, permasalahan, dan resolusi, meskipun peneliti naratif lain mungkin melaporkan elemen-elemen ini dengan urut-urutan berbeda. Penceritaan kembali ini dimulai dengan tempat (McDonald's), tokoh (siswa), dan setelah itu kejadian (perilaku, misalnya "gemetaran" atau "hiper").
Peneliti mengolah lagi transkripsinya untuk mengidentifikas elemen-elemen ceritanya dan menceritakan kembali elemen-elemen itu ke dalam sekuensi kegiatan logis. Untuk mengidentifikasi dengan jelas elemen-elemen ini, peneliti dapat mengorganisasikan mereka ke dalam suatu tabel yang serupa dengan Tabel 5. Tabel ini mendeskripsikan lima elemen yang digunakan dalam penceritaan kembali (Ollerenshaw, 1998) dalam Craswell (2015). Ranah adalah situasi spesifik cerita, yang diilustrasikan oleh faktor-faktor seperti waktu, tempat, atau tahun. Peneliti mungkin mendiskusikan tokoh-tokoh dalam suatu cerita sebagai arketipe-arketipe atau memotret mereka melalui kepribadian, perilaku, gaya, atau pola mereka. Tindakan adalah gerakan individu dalam itu, misalnya pemikiran atau perilaku tertentu yang terjadi selama cerita. Permasalahan merepresentasikan pertanyaan atau kekhawatiran yang timbul selama cerita atau fenomena yang perlu dideskripsikan atau dijelaskan. Resolusi adalah hasil penanganan permasalahan jawaban atas pertanyaan atau kesimpulan yang dicapai dalam cerita. Hal ini mungkin melibatkan penjelasan tentang apa yang menyebabkan tokohnya mengalami perubahan dalam cerita itu. 
Elemen ranah, tokoh, tindakan, permasalahan, dan resolusi hanya mengilustrasikan satu contoh elemen-elemen yang dicari peneliti naratif ketika mereka menceritakan kembali pengalaman seorang individu. Mereka juga dapat menggunakan elemen-elemen struktur naratif ruang tiga dimensi yang dikemukakan oleh Clandinin dan Connelly (2000) dalam Craswell (2015). Seperti ditunjukkan dalam Tabel 5, tiga dimensi interaksi, kontinuitas, dan situasi menciptakan
Tipe-Tipe Rancangan Naratif
Penelitian naratif menerapkan banyak bentuk. Jika Anda berencana untuk melaksanakan penelitian naratif, Anda perlu mempertimbangkan tipe penelitian naratif yang akan dilaksanakan. seperti ditunjukkan dalam Gambar 2. Bagi individu-individu yang merencanakan penelitian naratif, masing-masing tipe narasi menyediakan struktur untuk melaksanakan penelitian dan referensi yang sudah siap untuk cara melaksanakan proyek yang akan diakui oleh fakultas, peninjau jurnal, dan penerbit buku. Bagi mereka yang membaca penelitian naratif, tidak terlalu penting untuk mengenali ciri-ciri khusus esensial tipe-tipe itu. Lima pertanyaan yang didiskusikan di sub-sub bagian berikut ini akan membantu dalam menentukan tipe penelitian naratif Anda.
Siapa yang Menulis atau Mencatat Cerita?
Menentukan siapa yang akan menulis dan mencatat cerita individu adalah perbedaan mendasar dalam penelitian naratif. Biografi ada~ lah bentuk penelitian naratif di mana peneliti menulis dan mencatat pengalaman kehidupan orang lain. Biasanya, peneliti menyusun biografi dari catatan dan arsip (Angrosino, 1989) dalam (Creswell, 2015), meskipun peneliti kadang-kadang menggunakan sumber-sumber informasi lain, seperti wawancara dan foto. Dalam autobiografi, individu yang menjadi subjek penelitian menulis ceritanya.
Sebuah ruang penelitian “metaforik” (hlm.50) yang menentukan penelitian naratif. Ketika peneliti mengonstruksikan cerita mereka (baik ceritanya atau cerita orang lain), mereka akan memasukan informasi tentang:
Interaksi: Interaksi pribadi yang didasarkan pada perasaan, harapan, reaksi, dan disposisi seorang individu maupun interaksi sosial untuk memasukan orang lain dan minat, maksud asumsi, serta sudut pandang mereka.
Kontinuitas: Pertimbangan tentang masa lalu yang diingat, masa kini yang berkaitan dengan pengalaman suatu kejadian, dan masa mendatang, melihat kemungkinan pengalaman yang akan terjadi.
Situasi: Informasi tentang konteks, waktu dan tempat dalam sebuah ranah fisik, dengan batas-batas serta niat, maksud, dan sudut pandang yang berbeda.

TABEL 7
Struktur Naratif Ruang-Tiga-Dimensional
Interaksi
Kontinuitas
Situasi
Personal
Sosial
Masa Lalu
Masa Kini
Masa Depan
Tempat
Melihat
Melihat ke
Menengok ke
Melihat
Melihat ke
Melihat konteks,
Ke dalam
Luar ke kondisi
Belakang ke
Cerita dan
Depan ke
Waktu, dan
Ke kondisi
Eksistensial
Cerita yang
Pengalaman
Pengalaman
Tempat yang
Internal
Di lingkungan
Diingat dan
Saat ini yang
Dan jalan
Terletak dalam
Perasaan
Bersama
Pengalaman
Berkaitan
Cerita yang
Lanskap fisik
Harapan
Orang lain dan
Dari masa
Dengan
Terimplikasi
Atau dalam
Reaksi estetik
Niat, maksud
sebelumnya
Tindakan
Dan mungkin
Ranah (setting)
Disposisi moral
Asumsi, serta sudut pandang mereka

Terhadap kejadian
terjadi
Yang dibatasi
Oleh niat, maksud, dan berbagai sudut pandang tokoh

Mengode untuk Tema
Seperti semua penelitian kualitatif, datanya dapat didegmentasi menjadi tema. Peneliti naratif dapat mengode cerita ke dalam tema atau katagori. Identifikasi tema menghadirkan kompleksitas cerita dan menambahkan kedalaman pada insight tentang memahami pengalaman individu. Seperti semua penelitian kualitatif, peneliti mengidentifikasi sejumlah kecil tema, misalnya lima sampai tujuh tema. Peneliti memasukkannya sebagai bagian terpisah dalam penelitian. Peneliti naratif biasanya menyuguhkan tema ini setelah menceritakan kembali kesahnya.
Konteks atau Ranah
Peneliti naratif mendeskripsikan secara terperinci ranah atau konteks di mana individu mengalami fenomena sentral. Dalam menceritakan kembali kisah partisipan dan penceritaan tema, peneliti naratif memasukkan detail yang kaya tentang ranah atau konteks pengalaman partisipan. Ranah dalam penelitian naratif mungkin adalah teman, keluarga, tempat kerja, rumah, organisasi social, atau sekolah-sekolah tempat di mana suatu cerita secara fisik terjadi. Pada beberapa penelitian naratif, kisah yang diceritakan kembali tentang seorang pendidik mungkin sebenarnya di mulai dengan deskripsi tentang ranah atau konteks sebelum peneliti naratif menyampaikan tentang kejadian atau tindakan dalam cerita. Pada kasus lain, informasi tentang ranah terjalin di sepanjang cerita.
Berkolaborasi dengan Partisipan
Di sepanjang proses penelitian, peneliti berkolaborasi dengan individu yang diteliti. Kolaborasi dalam penelitian naratif berarti bahwa peneliti secara aktif melibatkan partisipan dalam penelitian secara ceritanya dibeberkan. Kolaborasi ini dapat melibatkan banyak langkah dalam proses penelitian, mulai dari memformulasikan fenomena sentral sampai memutuskan tipe field text yang mana yang akan mendapatkan informasi yang membantu untuk menulis penafsiran final dari penceritaan-kembali pengalaman individu.
Kolaborasi melibatkan penegosiasian hubungan antara peneliti partisipan untuk mengurangi kesenjangan potensial antara narasi yang diceritakan dan narasi yang dilaporkan (Connelly & Clandinin, 1990) . hal ini juga dapat dilibatkan penjelasan maksud penelitian kepada partisipan, berbaur dengan para partisipan dalam penelitian. Kolaborasi sering kali membutuhkan hubungan kerja  yang baik antara guru dan peneliti, suatu situasi ideal yang perlu waktu untuk berkembang sebagai suatu cerita yang saling memperjelas antara peneliti dan guru (Elbaz-Luwisch,1997) dalam Craswell (2015).
Masalah-masalah Etik Potensial dalam Mengumpulkan Cerita
Ketika mengumpulkan cerita, peneliti naratif perlu berhati-hati tentang cerita itu. Apakah autentik? partisipan mungkin “memalsukan datanya”(Connelly & Clandinin, 1990) memberikan kisah Pollyana atau cerita dengan akhir cerita tipikal Hollywood, dimana laki-laki atau gadis yang baik selalu menang. Distorsi data ini dapat terjadi dalam penelitian apa pun, dan hal ini menghadirkan masalah bagi peneliti naratif pada khususnya karena mereka sangat menyandarkan diri pada informasi yang dilaporkan sendiri dari partisipan. Pengumpulan banyak field texts, triangulasi dat, dan member checking dapat membantu memastikan bahwa data yang baik terkumpul.
            Partisipan mungkin tidak dapat menceritakan kisah yang sesungguhnya. Ketidakmampuan ini mungkin timbul karena pengalamannya terlalu mengerikan untuk dilaporkan atau terlalu mentah untuk dilaporkan (misalnya, para korban Holocaust atau korban bencana). Hal ini mungkin juga terjadi ketika individu takut akan sanksi terhadap mereka yjika mereka melaporkan ceritanya, misalnya dalam kasus pelecehan seksual. Cerita riil mungkin juga mungkin juga muncul karena individu sama sekali tidak dapat mengingatnya-ceritanya terkubur terlalu dalam dibawah sadar. Hal ini mungkin juga terjadi karena individu mendasarkan ceritanya pada peristiwa yang terjadi bertahun-tahun yang lalu (Lieblich et al., 1998) dalam (Creswell, 2015). Meskipun distorsi, takut akan pembalasan, dan ketidakmampuan untuk bercerita dapat menyulitkan pencerita, peneliti naratif mengingatkan kita bahwa cerita itu adalah pengalaman yang dapat dipercaya dan bahwa kisah apa pun yang diceritakan mempunyai elemen kebenaran di dalamnya (Riessman,2008) dalam (Creswell, 2015).
            Penceritaan oleh partisipan juga memunculkan masalah siapa yang memiliki xerita itu. Dalam laporan cerita individu yang  termajinalisasi di masyarakat kita, peneliti naratif berisiko melaporkan cerita di mana mereka tidak memiliki izin untuk menceritakannya . Paling tidak, peneliti naratif bisa mendapatkan izin untuk melaporkan cerita dan member tahu individu tentang maksud dan penggunaan cerita di awal proyek.
            Bersama masalah potensial kepemilikan juga ada masalah tentang apakah suara partisipan hilang dalam laporan naratif final. Contohnya, ketika ada penceritaan kembali, ada kemungkinan laporannya merefleksikan cerita peneliti, bukan cerita partisipan. Dengan menggunakan kutipan ekstensif dari partisipan dan persis seperti bahasa yang digunakan partisipan serta mengonstruksikan waktu dan tempat untuk cerita itu dengan cermat juga dapa menanggulangi masalah ini. Masalah yang terkait adalah apakah peneliti mendapatkan keuntungan dari penelitian dengan mengorbankan partisipan. Perhatian yang seksama pada timbal balik atau membahas partisipan, misalnya dengan melayani sebagai relawan di suatu kelas atau dengan memberikan penghargaan untuk berpartisipasi dalam penelitian, akan memberikan keuntungan bagi peneliti maupun partisipan. Seperti didiskusikan dalam dilemma etik, salah satunya strateginya adalah menceritakan cerita kompodit yang didasarkan pada beragam pengalaman penelitian.



Kesimpulan
Rancangan penelitian etnografi dan naratif merupakan bentuk rancangan penelitian kualitatif. Rancangan penelitian etnografi merupakan penelitian berupa studi lapangan yang memberikan gambaran terperinci tentang kelompok dengan berbagai budaya dan rancangan penelitian naratif merupakan prosedur penelitian yang mendeskripsikan kehidupan individu, mengumpulkan dan bercerita tentang kehidupan individu, serta menulis narasi kehidupan mereka.



DAFTAR PUSTAKA

Connelly, F. M., & Clandinin, D. J. (1990). Stories of experience and narrative inquiry. Educational researcher, 19(5), 2-14.
Creswell, J. W. (2015). Riset Pendidikan: Perencanaan, Pelaksanaan, dam Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitatif (H. P. S. S. M. Soetjipto, Trans. 5 ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Inayah, H. K., & Hakimi, M. (2007). Pengetahuan lokal ibu hamil tentang tanda bahaya kehamilan dan persalinan di Kota Banjarmasin. Universitas Gadjah Mada.  
LeCompte, M. D., & Goetz, J. P. (1982). Ethnographic data collection in evaluation research. Educational evaluation and policy analysis, 4(3), 387-400.
Lee, N., Saunders, J., & Goulding, C. (2005). Grounded theory, ethnography and phenomenology: A comparative analysis of three qualitative strategies for marketing research. European journal of Marketing, 39(3/4), 294-308.
Miall, C. E., Pawluch, D., & Shaffir, W. (2005). Doing ethnography: Studying everyday life: Canadian Scholars Press.
Pajak, E. F., & Blasé, J. J. (1984). Teachers in bars: From professional to personal self. Sociology of Education, 164-173.
Putro, H. D. S. (2011). Pembelajaran Industri Berbasis ISO 9001: 2008 di SMK Muhammadiyah 2 Andong Boyolali. Universitas Muhammadiyah Surakarta.  
Reeves, S., Kuper, A., & Hodges, B. D. (2008). Qualitative research methodologies: ethnography. BMJ: British Medical Journal, 337.
Sandelowski, M. (1991). Telling stories: Narrative approaches in qualitative research. Journal of nursing scholarship, 23(3), 161-166.
Sugiyono, M. P. K. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung, CV. Alvabeta, Tahun.

Tidak ada komentar:
Write komentar